Sukses

KSAD Dudung Sambangi Markas Angkatan Darat Jepang, Ini Misi yang Dibawa

KSAD Dudung Abdurachman melakukan kunjungan balasan ke Markas Angkatan Darat Jepang di Tokyo pada Jumat kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan ke Markas Besar Angkatan Darat Jepang di Ichigaya, Tokyo pada Jumat (3/2/2023). Kunjungan ini disambut langsung oleh KSAD Jepang Jenderal Yoshida Yoshihide.

Dalam pertemuan tersebut, dua Kepala Staf Angkatan Darat ini membahas peningkatan kerja sama militer hingga penanggulangan bencana.

Diketahui, kunjungan kehormatan KSAD Dudung Abdurachman ini merupakan kunjungan balasan setelah KSAD Jepang lebih dulu bertandang ke Indonesia pada Agustus 2022 lalu.

Kunjungan balasan ini juga memiliki nilai yang strategis dalam kerangka diplomasi militer dan merepresentasikan hubungan yang baik antara kedua Angkatan Darat, selaras dengan hubungan yang harmonis di tingkat pemerintah Indonesia dan Jepang.

Saat itu, Yoshida sangat bangga dan berterima kasih atas kerja sama militer antara TNI AD dengan Jepang yang telah berlangsung dengan sangat baik. Khususnya di bidang latihan, terkait keterlibatan pasukan Lintas Udara AD Jepang saat pelaksanaan Latma Super Garuda Shield 2022 lalu.

Angkatan Darat Jepang berharap, dapat meningkatkan partisipasinya di Latma Super Garuda Shield 2023 dengan melibatkan pasukan Lintas Udara dan amfibinya.

Sementara itu, Dudung menyambut baik keinginan KSAD Jepang untuk terlibat dalam Latma Super Garuda Shield 2023 yang saat ini sedang dalam tahap perencanaan dan pematangan di tingkat Mabes TNI.

Kerja sama latihan antara kedua Angkatan Darat ini diharapkan dapat dikembangkan juga untuk Latma penanggulangan bencana alam dan bantuan kemanusiaan mengingat kemampuan Jepang berikut alutsistanya sangat teruji pada bidang tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Pendidikan Militer

Dudung juga mendorong pelaksanaan kerja sama di bidang pendidikan, dengan tetap mengirimkan personel TNI AD untuk mengikuti pendidikan di Jepang, di antaranya taruna Akmil di National Defense Academy dan perwira TNI AD di Seskoad Jepang.

"Dalam pertemuan ini, kami sepakat untuk dapat lebih meningkatkan kerja sama militer di bidang lainnya, sehingga terwujud hubungan kerja sama dengan berpandangan prinsip saling percaya, saling menghormati, saling bersahabat," kata Dudung.

"Dan saling menguntungkan serta senantiasa menjunjung tinggi semangat cinta damai dan menghargai masing-masing pihak," sambungnya.

Diketahui, kegiatan diawali dengan penerimaan jajar kehormatan (Guard of Honour). Selanjutnya Kasad didampingi Asrena, Asintel, Aspers, Aslog dan Danpuspenerbad melaksanakan Courtesy Call dengan Kasad Jepang dalam suasana penuh kehangatan dan keabraban.

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.