Sukses

Gunung Kerinci Kembali Erupsi, Kolom Abu Mencapai 200 Meter

Gunung Kerinci kembali erupsi pada Sabtu, 4 Februari 2023 pada pukul 06.46 WIB selama 1 jam 40 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Kerinci kembali erupsi pada Sabtu, 4 Februari 2023 pada pukul 06.46 WIB selama 1 jam 40 menit. Pos Pengamatan Gunung Kerinci melaporkan tinggi kolom abu yang teramati ± 200 m di atas puncak (± 4.005 m di atas permukaan laut). Sementara arah abu condong ke timur dan tenggara.

Sementara kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm.

Seismik terekam gempa tremor menerus dengan amplitudo 0,5-2 mm dominan 1 mm.

Sebelumnya, Gunung Kerinci juga erupsi pada Jumat, 3 Februari 2023 pukul 02.30 WIB dengan durasi erupsi 4 menit. Namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Mengingat aktivitas vulkanik yang masih fluktuatif dan status gunung masih berada pada Level II (Waspada), PGA Kerinci merekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung dan wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 km dari kawah aktif.

Selain itu, sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Aktivitas vulkanik gunung yang meningkat, jalur pendakian gunung dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut masih belum dibuka hingga kini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Pendakian Masih Ditutup

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat wilayah I, Nur Hamidi mengatakan sejak ditutup pada 19 Oktober 2022, jalur pendakian Gunung Kerinci baik via Kersik Tuo, Kerinci, maupun Bangun Rejo, Solok Selatan belum dibuka.

"Kami masih menunggu rekomendasi PGA Kerinci untuk pembukaan jalur," katanya seperti dikutip dari Antara.

Peningkatannya aktivitas gunung yang berada di kawasan TNKS ini juga menunda rencana survei ulang jalur pendakian yang akan dilakukan oleh Pemkab Solok Selatan.

"Survei kita tunda dulu sambil menunggu rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)," kata Bupati Solok Selatan, Khairunas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.