Sukses

Top 3 News: Pernyataan Pleidoi Richard Eliezer, Terdakwa Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan agenda pembacaan pleidoi atau nota pembelaan.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E yang menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan agenda pembacaan pleidoi atau nota pembelaan.

Pleidoi Richard Eliezer dibacakan pada Rabu 25 Januari 2023 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang diberi judul "Apakah Harga Kejujuran Harus Dibayar 12 Tahun Penjara?".

Saat membacakan pleidoi, Eliezer meminta maaf kepada keluarga almarhum Yosua serta orang tua dan keluarganya sendiri. Dia pun meminta maaf, jika kejujurannya justru berujung petaka usai jaksa menuntutnya penjara 12 tahun. Meski Eliezer yakin, orang tuanya bangga atas sikap ksatrianya itu.

Kemudian, tanggapan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali soal pernyataan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Ali mengaku baru membaca pernyataan AHY pada Kamis pagi 26 Januari 2023.

Ali menyampaikan hal tersebut ketika sedang bertemu dengan Gerindra-PKB di Sekretariat Bersama di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Menurut dia, pertemuan NasDem dengan Gerindra-PKB ini sudah direncanakan sejak lama. Sebelum AHY membuat pernyataan dukungan kepada Anies Baswedan. Pertemuan NasDem dengan Gerindra-PKB tidak mengurangi penjajakan dengan Demokrat dan PKS. Ali mengatakan, penjajakan koalisi perubahan itu terus dilakukan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menilai, keputusan tidak melakukan lockdown atau karantina wilayah saat pandemi Covid-19 adalah kebijakan tepat.

Sebab, dirinya memprediksi akan ada kerusuhan dalam 2-3 minggu ke depan apabila saat itu kebijakan lockdown diberlakukan di Indonesia. Pasalnya, kata Jokowi, masyarakat tidak bisa mencari nafkah apabila lockdown terapkan.

Tak hanya itu, pemerintah juga tidak bisa memberikan bantuan kepada masyarakat karena akses jalan ditutup.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 26 Januari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Enam Pernyataan Pleidoi Richard Eliezer, Terdakwa Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan agenda pembacaan pleidoi atau nota pembelaan.

Pleidoi Richard Eliezer dibacakan pada Rabu 25 Januari 2023 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang diberi judul "Apakah Harga Kejujuran Harus Dibayar 12 Tahun Penjara?".

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf sekali lagi yang sebesar–besarnya serta pengampunan terutama kepada keluarga dari almarhum Bang Yos, tidak ada kata–kata lain yang dapat saya sampaikan selain permohonan maaf dan penyesalan mendalam atas apa yang telah terjadi kepada almarhum Bang Yos dan keluarga Bang Yos," ujar Eliezer di PN Jaksel, Rabu 25 Januari 2023.

Dengan suara terbata-bata, dia meminta maaf kepada orang tua dan keluarganya.

"Mohon maaf mama, papa. Maafkan saya atas peristiwa yang terjadi ini, sehingga membuat mama dan papa serta keluarga bersedih dan kelelahan," kata Eliezer.

 

Selengkapnya...  

3 dari 4 halaman

2. AHY Sebut Demokrat Dukung Anies Capres, Begini Kata NasDem

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menanggapi pernyataan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Ali mengaku baru membaca pernyataan AHY baru pagi ini.

Ali menyampaikan hal ini ketika sedang bertemu dengan Gerindra-PKB di Sekretariat Bersama di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Pertemuan NasDem dengan Gerindra-PKB ini sudah direncanakan sejak lama. Sebelum AHY membuat pernyataan dukungan kepada Anies.

"Kebetulan merencanakan pertemuan ini, sebelum ada pernyataan itu. Jadi kami merencanakan ini sudah seminggu yang lalu, jadi sebelum ada pernyataan itu, pernyataan juga saya baru baca tadi pagi kan," kata Ali.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi: Kalau Kita Putuskan Lockdown, 2-3 Minggu Rakyat Pasti Rusuh

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai, keputusan tidak melakukan lockdown atau karantina wilayah saat pandemi Covid-19 adalah kebijakan yang tepat.

Dia memprediksi akan ada kerusuhan dalam 2-3 minggu ke depan apabila saat itu kebijakan lockdown diberlakukan di Indonesia.

Pasalnya, kata Jokowi, masyarakat tidak bisa mencari nafkah apabila lockdown terapkan. Tak hanya itu, pemerintah juga tidak bisa memberikan bantuan kepada masyarakat karena akses jalan ditutup.

"Coba saat itu, misalnya kita putuskan lockdown. Hitungan saya dalam 2 atau 3 minggu, rakyat sudah enggak bisa, enggak, memiliki peluang yang kecil untuk mencari nafkah, semuanya ditutup, negara tidak bisa memberikan bantuan kepada rakyat," jelas Jokowi saat membuka Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2023 di Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.