Sukses

Infografis Adu Kuat Figur Politik di Survei Capres 2024

Ada 3 figur yang bersaing ketat dalam perolehan elektabilitas atau keterpilihan untuk Pilres 2024. Ketiga bakal Capres 2024 itu, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada 5 nama yang kerap meramaikan hasil elektabilitas calon presiden atau Capres 2024 dari beberapa lembaga survei dalam 2 bulan terakhir. Mulai dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Sejauh ini ada 3 figur yang bersaing ketat dalam perolehan elektabilitas atau keterpilihan untuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Ketiga bakal Capres 2024 itu, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Seiring dengan itu, semua partai politik atau parpol dan elite partai sudah ancang-ancang meningkatkan elektabilitas figur yang bakal diusung sebagai Capres 2024. Kendati demikian, baru Partai Gerindra dan Partai NasDem yang secara resmi siap mengusung Capres 2024, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Adapun Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan, belum mengumumkan capres yang akan dijagokan mereka. Para elite KIB termasuk politikus lainnya menantikan pengumuman capres yang akan diusung PDIP.

"Tenang, tungguin aja. Sikap (KIB) sesuai tanggal main, tahap berikutnya," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu 8 Januari 2023.

Ternyata, tidak ada kejutan capres pada perayaan HUT ke-50 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Megawati Soekarnoputri memastikan tidak ada pengumuman nama capres yang akan diusung PDIP pada momen ulang tahun ini. Namun Megawati menyatakan capres yang akan diusung berasal dari kader PDIP.

"Orang ngono saiki nungguin? (Orang sekarang itu menunggu) Tidak ada! Urusan gue! Gile enak aja," ujar Megawati saat HUT ke-50 PDIP di Jakarta, Selasa 10 Januari 2023.

Bagaimana simulasi pasangan capres-cawapres 2024 versi terkini lembaga survei? Bagaimana 4 hasil survei terbaru bursa Capres 2024? Bagaimana pula ragam tanggapan adu kuat figur Capres 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Simulasi Pasangan Capres-Cawapres 2024 Versi Terkini Lembaga Survei

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Survei Terbaru Bursa Capres 2024

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Adu Kuat Figur Capres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.