Sukses

Mengetahui Sejarah hingga Sederet Ucapan Tahun Baru Imlek 2023

Pada 2023 ini, peringatan Tahun Baru Imlek jatuh pada Minggu 22 Januari mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Tahun Baru Imlek semakin dekat. Pada 2023 ini, peringatan Tahun Baru Imlek jatuh pada Minggu 22 Januari mendatang.

Hal tersebut diketahui dari Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada Minggu 22 Januari. Sedangkan untuk cuti bersama perayaan Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada keesokan harinya yaitu Senin, 23 Januari 2023.

Lantas sebenarnya, bagaimana sejarah di balik perayaan Tahun Baru Imlek? Melansir En As, Selasa 3 Januari 2023, asal- usul Tahun Baru Imlek penuh dengan mitos dan legenda.

Tetapi, sejak pertengahan 1990-an orang-orang di Tiongkok diberi hari libur kerja berturut-turut untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama teman dan keluarga mereka.

Biasanya, dalam periode tersebut mereka akan beristirahat, reuni keluarga, dan melakukan tradisi lainnya termasuk membersihkan rumah secara menyeluruh untuk menghilangkan nasib buruk yang masih ada.

Menurut kalender Gregorian, periode Tahun Baru Imlek dimulai dengan bulan baru antara 21 Januari dan 20 Februari, dengan perayaan berlanjut hingga bulan purnama berikutnya.

Perayaan tersebut adalah sarana untuk mengantarkan tahun yang lama dan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran untuk yang baru. Ini mengikuti legenda monster bernama Nian, yang akan menyerang penduduk desa pada setiap awal tahun baru, tetapi ditakuti oleh suara keras, cahaya terang, dan warna merah. Dari situlah kebiasaan pertunjukan kembang api, pakaian merah, dan dekorasi kertas dibuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Dimulai Ribuan Tahun Lalu

Banyak tradisi musim menghormati kerabat yang telah meninggal dan kaum muda diberi uang dalam amplop merah berwarna-warni.

Acara terakhir yang diadakan selama Tahun Baru Imlek disebut Festival Lampion, di mana orang menggantung lampion yang bersinar di kuil atau membawanya saat parade malam hari. Karena naga melambangkan keberuntungan, maka naga sering dipamerkan di beberapa titik selama proses berlangsung.

Tanggal Tahun Baru Imlek ditentukan oleh penanggalan Imlek. Tanggalnya pun berubah setiap tahun tetapi selalu di suatu tempat dalam periode dari 21 Januari hingga 20 Februari. Dan pada kali ini, peringatan Tahun Baru Imlek jatuh di Minggu 22 Januari 2023 mendatang.

Tahun Baru Cina telah berasal dari sejarah sekitar 3.500 tahun yang lalu. Permulaannya yang tepat tidak dicatat.

Beberapa orang percaya bahwa Tahun Baru Imlek berasal dari Dinasti Shang (1600–1046 SM), ketika orang mengadakan upacara pengorbanan untuk menghormati dewa dan leluhur di awal atau akhir setiap tahun.

Istilah Nian ('tahun') pertama kali muncul pada Dinasti Zhou (1046–256 SM). Sudah menjadi kebiasaan untuk mempersembahkan korban kepada leluhur atau dewa, dan menyembah alam untuk memberkati panen pada pergantian tahun.

Sementara untuk tanggal festival, hari pertama bulan pertama dalam kalender lunar Tiongkok, ditetapkan pada Dinasti Han (202 SM – 220 M). Kegiatan perayaan tertentu menjadi populer, seperti membakar bambu untuk membuat suara retakan yang keras.

 

3 dari 5 halaman

Ikuti Perkembangan Zaman

Pada dinasti Wei dan Jin (220–420), selain menyembah dewa dan leluhur, orang mulai menghibur diri. Kebiasaan sebuah keluarga berkumpul untuk membersihkan rumah, makan malam, dan begadang di Malam Tahun Baru berasal dari masyarakat biasa.

Kemakmuran ekonomi dan budaya selama dinasti Tang, Song dan Qing mempercepat perkembangan Festival Musim Semi. Kebiasaan selama festival tersebut menjadi mirip dengan zaman modern.

Menyalakan petasan, mengunjungi sanak saudara dan teman, serta makan pangsit menjadi bagian penting dari perayaan tersebut.

Kegiatan yang lebih menghibur pun muncul seperti menonton tarian naga dan barongsai selama Pekan Raya Kuil dan menikmati pertunjukan lampion.

Fungsi Festival Musim Semi berubah dari yang religius menjadi yang menghibur dan sosial, lebih seperti saat zaman modern belakangan ini.

 

4 dari 5 halaman

Ragam Ucapan Imlek

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 menjadi salah satu cara untuk turut memeriahkan rekan kerja atau tetangga yang merayakan pergantian tahun untuk masyarakat China ini.

Kalimat yang kita sampaikan bisa berisi harapan dan doa serta rasa syukur karena telah melewati satu tahun dengan penuh kebaikan dari Tuhan.

Biasanya, ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 akan bertaburan di sosial media (sosmed) ketika perayaan Cap Go Meh. Ternyata, Tahun Baru Imlek ini dirayakan sampai malam purnama 15 hari setelahnya.

Perayaan ini disebut dengan Cap Go Meh dengan berbagai perayaan tradisi di setiap harinya. Kamu juga bisa saling berkirim ucapan Selamat Tahun Bari Imlek dengan kerabat, sahabat, dan teman.

Berikut kata-kata untuk ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2023/2574 dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Selamat Tahun Baru Imlek untukmu, rekan kerjaku. Mari bersulang untuk hari-hari yang lebih bahagia di depan.

2. Pada momen pertama tahun baru yang bahagia ini, terimalah harapan terbaik saya untuk kesehatanmu yang sempurna dan kemakmuran yang langgeng. Gong Xi Fa Cai!

3. Saya dengan tulus berharap Anda bahagia, ceria, dan sukses di tahun mendatang. Saya berharap Anda beruntung di Tahun Macan. Selamat Tahun Baru.

4. Semoga bisnis Anda tumbuh dan berkembang setiap hari. Saya harap perjalanan ke depan memberi Anda lebih banyak kesuksesan dalam hidup Anda. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk Tahun Baru!

5. Selamat Tahun Baru Imlek 2023. Semoga di Tahun Macan Air ini memberi Anda kekuatan untuk menghadapi dan memenangkan setiap kesulitan yang menghadang.

6. Selamat Tahun Baru Imlek untukmu, teman sekerja! Bersoraklah untuk hari-hari yang lebih bahagia di masa depan.

7. Gong Xi Fa Chai. Semoga Anda mendapatkan Tahun Baru Imlek 2023 yang sejahtera.

8. Semoga hari-hari baru bersinar seperti matahari dan memberimu kehangatan dan kebahagiaan.

9. Selamat Tahun Baru Imlek, temanku. Nikmati kemeriahan ini sepenuhnya dan jadikan perayaan ini yang terbaik dari semuanya.

10. Semoga semuanya berubah seperti yang Anda inginkan di tahun mendatang!

 

5 dari 5 halaman

Ucapan Imlek 2023 Selanjutnya

11. Dengan berlalunya waktu, mari kita rangkul tahun baru dengan masa depan yang lebih cerah, lebih berwarna, dan lebih menyenangkan. Selamat Tahun Baru Imlek 2023.

12. Tahun baru ini, sadari fakta bahwa dewi keberuntungan hanya memberkati mereka yang ceria dan optimistis. Selamat Tahun Baru.

13. Semoga Anda mendapatkan semua kegembiraan dan kemakmuran di tahun baru. Gong Xi Fa Cai.

14. Kita adalah penumpang dari kapal yang sama yang menuju masa depan yang tidak diketahui. Semoga harapan tahun baru membimbing kita ke arah yang benar!

15. Selamat Tahun Baru Imlek 2023. Semoga tahun baru ini membawa kegembiraan hidup yang tidak pernah pudar, harapan yang tidak pernah mati, dan kekuatan yang tidak pernah melemah.

16. Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga tahun ini membawa Anda banyak kebahagiaan dan menyaksikan Anda menjadi orang yang jauh lebih baik.

17. Aku berharap tahun ini semua impianmu dapat diwujudkan. Selamat tahun baru Imlek 2023. Gong Xi Fa Cai!

18. Selamat Tahun Baru China 2023. Semoga Anda selalu diberi kesehatan yang baik dan mendapat rezeki yang berlimpah di Tahun Baru.

19. Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga Anda setahun penuh dengan makanan enak, peluang bagus, dan kenangan indah.

20. Gong Xi Fa Cai. Semoga Anda selalu menapaki jalan kesuksesan dan mencapai puncak keinginan dengan kerja keras dan dedikasi.

21. Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga semua kegelapan dan hal negatif dalam hidup Anda berakhir dengan kepositifan dan kecerahan.

22. Selamat Tahun Baru China 2023. Semoga Anda diberkati dengan sinar harapan dan kebahagiaan baru yang mencerahkan masa depan dengan lebih banyak peluang dan kesuksesan.

23. Milikilah visi yang tepat di tahun yang baru ini agar kemenangan demi kemenangan dapat kita wujudkan di tahun ini. Selamat tahun baru Imlek 2023! Gong Xi Fa Cai!

24. Selamat Tahun Baru Imlek 2023. Semoga Anda mendapatkan perjalanan yang luar biasa.

25. Selamat Tahun Baru China. Semoga Anda dihujani dengan berkah yang membantu Anda tumbuh dan berkembang.

26. Gong Xi Fa Cai! Semoga tahun baru membawa banyak perubahan.

27. Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga semua kegelapan dan hal negatif dalam hidup Anda berakhir dengan kepositifan dan kecerahan.

28. Gong Xi Fa Cai. Semoga bunga kebahagiaan dan kesuksesan mekar dalam hidup Anda dan menambah keharuman yang indah untuk masa depan.

29. Saya berharap tahun 2023 mengguncang dunia Anda dengan kegembiraan dan pencapaian. Banyak cinta dan berkat!

30. Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga Anda dan orang yang Anda cintai selalu tersenyum dan menikmati tahun yang akan datang dengan kebahagiaan dan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.