Sukses

Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Jabar Super Apps

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi guna mempermudah pelayanan publik dan mendorong perkembangan transformasi digital.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi guna mempermudah pelayanan publik dan mendorong perkembangan transformasi digital.

Adapun, aplikasi ini bernama Jabar Super Apps.

Jabar Super Apps menampilkan beberapa fitur terkait data layanan publik di Jabar, sekaligus menyajikan semua layanan kebutuhan warga, mulai dari layanan transaksional, informatif, dan interaktif secara lebih sederhana dalam satu aplikasi.

”Ini aplikasi super terpadu yang dapat memberikan layanan administrasi secara online,” ungkap Ridwan Kamil usai peluncuran aplikasi Jabar Super Apps di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada Minggu (18/12/2022).

Namun untuk saat ini baru layanan perpajakan yang sudah ikut bergabung di aplikasi tersebut. Ia memastikan pelayanan lainnya akan segera menyusul bergabung memberikan kemudahan bagi masyarakat.

”Yang lainnya menyusul. Suatu hari nanti semua aplikasi yang ada saat ini akan berkumpul menjadi satu,” kata dia.

Aplikasi yang dirancang Diskominfo, Bapenda, Disnakertrans dan Dinkes Jabar ini nantinya menyediakan seluruh layanan masyarakat seperti perpajakan, kesehatan, sapa warga, administrasi kependudukan, hingga informasi lowongan kerja.

”Kami juga mempersiapkan layanan administrasi dengan kepolisian, agar semua terintegrasi dalam satu aplikasi,” kata Kang Emil.

Kang Emil menjelaskan aplikasi terpadu itu dirancang sebagai respon publik juga menjawab kritik dari Menteri Keuangan, dimana hampir setiap daerah di Indonesia memiliki banyak aplikasi khususnya layanan publik.

”Jadi Super Apps itu mengkonsolidasikan dari banyak menjadi satu, terintegrasi. Butuh waktu (memang), kaya omnibuslaw ratusan peraturan, dikonsolidasi jadi satu peraturan. Jadi Jabar Super Apps itu omnibuslaw-nya di bidang aplikasi," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Efisien

Atas dasar itu, Pemprov Jabar membuat aplikasi Super Apps sebagai sarana pelayanan publik menjadi satu pintu agar lebih efektif dan efisien.

"Misalnya dalam layanan pembayaran perpajakan pada satu aplikasi, dimana kita bayar hanya empat langkah, Jawa Timur tujuh langkah, di DKI Jakarta lima langkah. Jabar hanya empat step sudah beres,” terangnya.

Dia berharap inovasinya ini bisa menjadikan Jabar sebagai provinsi digital, yang mengakselerasi pelayanan serba digital, fokus pada satu genggaman.

”Untuk pengguna ponsel yang hanya digunakan komunikasi, itu jadul. Sekarang mah mau baca berita, belajar, rapat, pinjam uang, jual beli barang diakses melalui ponsel,” bebernya.

Tak hanya itu, di fitur Jabar Super Apps juga menyediakan layanan khusus sebagai sarana interaktif lintas warga, dari tingkat bawah seperti Sapa RW hingga sapa gubernur.

"Ini nantinya juga bisa menjadi sarana komunikasi antara masyarakat dan perangkat pemerintahan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.