Sukses

Dukung Net Zero Emission 2060, Perusahaan ini Lakukan Pembelian REC

PT Uni Charm Indonesia TBK turut serta berkontribusi untuk merealisasikan target pemerintah untuk Net Zero Emission 2060 dengan pembelian REC (Renewable Energy Certificate).

Liputan6.com, Karawang - Peningkatan emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas industri, transportasi maupun penggunaan energi menjadi salah satu penyebab pemanasaan global dan peningkatan suhu. Saat ini pemerintah masih gencar mempromosikan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan menargetkan Net Zero Emission sampai dengan tahun 2060.

Di sisi lain, PT Uni Charm Indonesia TBK turut serta berkontribusi untuk merealisasikan target pemerintah yaitu dengan melakukan pemasangan PLTS dimulai dari Factory 1 di Karawang, Jawa Barat pada tahun 2022, kemudian dilanjutkan dengan East Java Factory dan PT Uni-Charm Non-Woven Indonesia yang terletak di Jawa Timur pada 2023.

Tidak hanya itu saja, penetrasi penggunaan green energy secara lebih luas, pada awal 2024 ini PT Uni-Charm Indonesia Tbk telah membeli Renewable Energy Certificate (REC) untuk Factory 1 di Karawang. REC adalah sertifikat energi hijau atau sertifikat energi terbarukan yang dapat digunakan untuk mengklaim konsumsi listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT).

“Kami mengapresiasi PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang telah secara aktif berupaya menggunakan energi baru terbarukan," kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih di Karawang pada Selasa (30/4/2024).

Ai Saadiyah juga menambahkan bahwa penggunaan energi baru terbarukan dalam skala besar sangat penting dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan hal ini juga mutlak diperlukan demi mencapai target yang telah dicanangkan Pemerintah, yaitu mewujudkan Net Zero Emission di 2060 atau lebih cepat. Oleh karena itu Ai Saadiyah berharap agar kolaborasi antara Pemerintah dengan sektor Swasta dapat terus terjalin di masa mendatang.

“Perusahaan kami memiliki slogan Ethical Living for SDGs, yaitu melakukan kebaikan kecil di kehidupan sehari-hari yang bertujuan untuk merealisasikan 17 tujuan SDGs (Sustainable Development Goals), dimana kami turut berkontribusi melalui berbagai kegiatan dan inovasi Perusahaan," kata Presiden Direktur PT Uni Charm Takumi Terakawa.

Takumi mengatakan bahwa pemasangan PLTS dan pembelian REC kali ini pun merupakan salah satu bagian dari slogan tersebut, dimana kami secara proaktif mengupayakan penggunaan energi baru terbarukan secara maksimal.

"Jumlah REC yang kami miliki akan terus kami tambah demi mewujudkan 100% pemanfaatan EBT sesuai dengan peta jalan yang sudah kami tentukan. Ini merupakan komitmen konkrit Perusahaan kami terhadap pelestarian lingkungan. Kami akan terus berkontribusi demi lingkungan dan demi generasi masa depan melalui produk dan pelayanan yang kami berikan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.