Sukses

Gempa Sukabumi Picu Longsor di Bogor, 1 Rumah Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Gempa yang mengguncang Sukabumi magnitudo 5,8 memicu terjadinya tanah longsor di Desa Tugu jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis (8/12/2022) pagi, mengakibatkan satu rumah berada di atas lereng bukit terbawa longsoran. Rumah rusak milik Salim (38) warga Kampung Cidangdeur RT 003/004, Desa Tugu jaya, Kecamatan Cigombong, Bogor. 

"Waktu bersamaan dengan dengan gempa, terjadi pergerakan tanah dan memicu longsor sehingga ambruknya rumah Salim pada bagian ruang kamar dan dapur," kata Kapolsek Cijeruk, Kompol Hida Tjahjono, Jumat (9/12/2022). 

Selain karena guncangan gempa, bencana alam ini juga dipicu curah hujan tinggi. Kemudian, sudah terjadi beberapa kali longsoran kecil. 

"Disitu memang sudah tiga kali longsor. Ditambah malamnya hujan cukup lama dan ada getaran gempa sehingga longsoran makin besar," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Hida memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Meski demikian, korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah. 

"Kerugian materi yang dialami korban diperkirakan Rp 75 juta," kata dia. 

Saat ini, petugas gabungan dari kepolisian, TNI, BPBD dan aparatur kecamatan serta masyarakat setempat membantu kerja bakti membersihkan material tanah longsor. 

"Pemilik rumah pun sudah dievakuasi ke tempat aman," ujar Hida.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS