Sukses

Top 3 News: Tugas Putra Megawati Usai Sandang Jabatan Baru di PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Prananda Prabowo, putra Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kini menempati jabatan baru di PDIP.

Pria kelahiran Jakarta pada tahun 1950 tersebut didapuk menjadi Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP, setelah sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif.

Lantas, tugas-tugas apa saja yang akan menjadi pekerjaan rumah putra Megawati tersebut? Salah satunya mendukung kebijakan pemerintah dalam penanggulangan virus Corona/COVID-19.

Berita Anies Baswedan yang berkunjung ke NasDem Tower, Jakarta, Selasa, 22 November kemarin juga jadi berita terpopuler kedua di top 3 news. Dikatakan Anies bertemu dengan Ketum NasDem Surya Paloh karena ada sesuatu hal yang harus disusun. Apakah itu?

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya masih enggan membeberkan secara detail terkait pertemuan keduanya tersebut.

Sementara itu, update terbaru dari jumlah korban yang meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, sementara telah mencapai 268 orang. Dari jumlah tersebut, korban yang telah teridentifikasi kebanyakan anak-anak.

Namun, apakah ini artinya korban tewas mayoritas adalah anak-anak, Kepala BNPB Suharyanto mengatakan pihaknya belum dapat memastikannya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 22 November 2022: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Jelang Pemilu, Putra Megawati Prananda Prabowo dapat Jabatan Baru di PDIP

DPP PDI Perjuangan (PDIP) membuat perubahan di struktur organisasi menjelang Pemilu 2024. Putra dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo alias Nanan yang semula menduduki kursi Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif, kini menjabat Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP.

Perubahan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan yang ditandantangani Megawati dan Sekjen Hasto Kristiyanto bernomor 2/76/KPTS/DPP/XI/2022 tertanggal 7 November 2022.

Kabar pergantian itu dibenarkan Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto.

“Iya betul,” kata Utut saat dikonfirmasi, Selasa (22/11/2022).

Berikut tugas baru Prananda di jabatan barunya yang dituangkan di SK:

1. Melaksanakan rapat pleno rutin pengurus DPD, DPC, PAC, dan ranting yang dilakukan secara berjenjang

2. Melaksanakan keputusan-keputusan Rakernas-I PDI Perjuangan tahun 2020 dan Rakernas-II PDI Perjuangan tahun 2021

3. Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPR RI

4. Laporan rekap absensi kehadiran rapat anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPR RI, evaluasi 6 bulanan oleh Ketua Umum PDIP Perjuangan

5. Mendukung kebijakan pemerintah dalam penanggulangan Virus Corona/COVID-19

6. Peringatan setiap tahun bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno Bapak Bangsa

7. Disiplin komunikasi politik terkait calon presiden dan calon wakil presiden 2024

8. Mengunduh aplikasi Media Pintar Perjuangan sebagai media informasi dan komunikasi program serta pergerakan PDI Perjuangan

9. Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2024.

 

Selengkapnya... 

 

3 dari 4 halaman

2. Anies Baswedan Menghadap Surya Paloh, NasDem: Lagi Nyusun Sesuatu

Bakal calon presiden Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hari ini melakukan pertemuan di NasDem Tower, Selasa (22/11/2022).

Berdasarkan pantauan, mantan Gubernur DKI Jakarta tiba sekitar pukul 14.30 WIB.

Ketua DPP Partai NasDem Willy aditya mengatakan, pertemuan antara Anies dengan Surya Paloh dikarenakan ada sesuatu hal yang harus disusun.

"Sama pak Surya Paloh di atas. Kita lagi nyusun sesuatu, perihal ya lukisan, poster, ya mana-mana yang kurang pas kita susun lah," kata Willy, saat diwawancarai di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (22/11).

Dia mengatakan, bahwa pertemuan tersebut hanya dilakukan oleh Anies, Surya Paloh dan beberapa petinggi NasDem. Namun, Willy enggan menjelaskan secara detail pembahasan yang akan disusun.

Sebagai informasi, Partai NasDem, PKS dan Demokrat tergabung dalam tim kecil untuk membahas terkait koalisi yang akan dibangun. Terakhir, pertemuan ketiga partai tersebut digelar di kawasan Jakarta, sembari makan bersama.

Willy menegaskan, jika tiim kecil yang dibentuk terus saling berkomunikasi untuk membangun koalisi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Korban Meninggal Gempa Cianjur Tembus 268 Orang, BNPB: Sebagian Teridentifikasi Anak

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan pihaknya belum dapat memastikan anak-anak menjadi korban mayoritas dari total 268 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Jadi yang pertama kami tidak bisa atau belum bisa menyampaikan apakah dari 268 itu berapa yang anak-anak begitu," kata Suharyanto dalam konferensi pers secara daring, Selasa (22/11/2022).

Dia menyebut akan memberikan keterangan lebih lanjut pada esok hari pada pukul 17.00 WIB, Rabu 23 November 2022.

"Apakah persentasenya dari 268 ini banyak anak-anak, besok jam 5 sore akan kami jawab," kata dia.

Suharyanto menjelaskan sejauh ini, korban gempa yang telah teridentifikasi memang anak-anak. Pasalnya, kata dia, kejadian gempa magnitudo 5,6 itu bertepatan saat anak-anak pulang mengaji.

"Tapi memang kejadian ini 13.21 WIB ini bertepatan dengan banyak anak-anak yang sedang mengaji. Jadi pulang mengaji, sehingga memang sebagian dari yang sudah teridentifikasi ini ya sebagian anak-anak," terangnya.

 

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS