Sukses

Jokowi Tak Hadir di Puncak Acara HUT NasDem, Surya Paloh: Agenda Internal

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tidak hadir secara langsung dalam puncak acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-11 Partai NasDem pada besok Jumat (11/11/2022).

Ditanya terkait hal ini, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut, bahwa agenda partainya adalah internal saja.

"Agenda internal," kata Paloh saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Partai NasDem juga tidak mengundang calon partai koalisinya yaitu Demokrat dan PKS. Ketua umum parpol lain pun tidak diundang dalam acara ini.

Paloh kembali bilang acara partainya adalah internal. "Acara internal (partai)," katanya lagi secara singkat.

Surya Paloh juga tidak bicara banyak mengenai acara puncak HUT NasDem besok.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, Presiden Jokowi tidak bisa hadir langsung dalam HUT NasDem. Alasannya karena kepala negara tengah mengikuti agenda G2O di Bali.

Menurut Ali, Jokowi hanya memberikan sambutan video untuk acara HUT NasDem. "Jokowi karena masih persiapan G20 di Bali, beliau tidak sempat hadir tapi beliau akan memberikan sambutan video," ungkap Ali saat dihubungi merdeka.com, Rabu (9/11/2022).

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Viral Video Jokowi Tak Balas Pelukannya, Surya Paloh Buka Suara

Sebelumnya, Ketum Partai NasDem Surya Paloh angkat bicara soal video viral yang berisi Presiden Jokowi tidak membalas pelukannya. Menurut Paloh, acara yang mereka hadiri cukup ramai, sehingga sulit untuk berpelukan.

“Ya bagaimana mau membalas dalam suasana seperti ini, banyak ramai, kanan kiri semuanya. Kalau berdua kan biasa pelukan,” kata dia.

Namun, apabila di acara pertemuan hanya berdua, Paloh menyebut interaksi dirinya dengan Jokowi lebih intens dan mesra. Ia juga menegaskan hubungan dirinya dengan Presiden baik-baik saja.

“Lebih mesra, kan enggak selamanya ditunjukin kepada publik. (Hubungan) baik bagus,” pungkasnya

Jokowi sebelumnya meminta Partai Golkar agar hati-hati dan tidak sembrono mendeklarasikan calon presiden 2024. Pernyataan Jokowi itu disampaikan di acara HUT Golkar yang juga dihadiri Paloh.

Paloh menilai pernyataan Jokowi itu bukan bentuk sindiran pada NasDem yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres.

“Enggak (sindiran), saya pikir itu kan nasihat Pak Jokowi ya kepada Golkar, ya tergantung partai Golkar lah saya pikir itu nasihat yang baik ya,” kata Paloh di NasDem Tower, Sabtu (22/10/2022).

Paloh menegaskan deklarasi Anies sebagai Capres NasDem bukan tindakan sembrono. Oleh karena itu, ia tidak merasa disindir oleh Jokowi.

“Kita enggak sembrono, bagaimana itu sindiran,” kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS