Sukses

Infografis Upaya Ngerem Kasus Covid-19 yang Ngegas Lagi, Waspada Puncaknya 1-2 Bulan ke Depan

Liputan6.com, Jakarta - Covid-19 sedang ngegas lagi. Indonesia bahkan jadi negara dengan kasus baru dan kematian terbanyak di Asia Tenggara. Waspada puncaknya dalam 1-2 bulan ke depan. Harus berupaya ngerem laju Covid-19.

COVID-19 Weekly Epidemiological Update Edition 116 yang dipublikasikan pada 2 November 2022 menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan kasus baru dan kematian terbanyak di Asia Tenggara per 24-30 Oktober 2022.

Indonesia melaporkan 19.661 kasus baru atau 7,2 kasus baru per 100.000 penduduk, bertambah 40 persen dari pekan sebelumnya. Indonesia juga melaporkan 168 kematian baru atau kurang dari 1 kematian baru per 100.000 penduduk. Artinya bertambah 45 persen dari pekan sebelumnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi puncak gelombang varian baru Covid-19 terjadi dalam satu hingga dua bulan ke depan. Hal ini berdasarkan data yang telah diamati pemerintah dari kasus-kasus virus corona sebelumnya.

Luhut mengatakan, khusus untuk wilayah Jawa Bali peningkatan kasus konfirmasi harian terlihat di seluruh Provinsi Jawa dan Bali. Selain itu, peningkatan angka kematian utamanya di Jawa Tengah dan DIY juga naik cukup signifikan.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Siti Nadia Tarmizi, XBB adalah anak dari varian Omicron yang memang memiliki kemampuan penularan tinggi.

Ia pun menjelaskan upaya-upaya dalam menyikapi penyebaran XBB ini. Dengan adanya, subvarian ini maka testing, tracing, dan treatment atau 3T, serta vaksinasi masih penting dilakukan.

Upaya dari hulu yakni protokol kesehatan, menurut Nadia, salah satunya penggunaan masker yang saat ini terlihat mulai longgar. Tak lupa pula hindari kerumunan yang padat dan lakukan tes. Sementara itu, upaya hilir adalah menyiapkan rumah sakit serta obat untuk pasien Covid-19

Seperti apa Indonesia jadi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Asia Tenggara, warning puncak gelombang varian baru Covid-19 terjadi 1-2 bulan ke depan, dan upaya ngerem kasus Covid-19 yang ngegas lagi? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Infografis Indonesia Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Asia Tenggara

3 dari 4 halaman

Infografis Warning Puncak Gelombang Varian Baru Covid-19 Terjadi 1-2 Bulan ke Depan

4 dari 4 halaman

Infografis Upaya Ngerem Kasus Covid-19 yang Ngegas Lagi

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS