Sukses

Inovasi dan Terobosan, Kunci Aman Jaya Jadi Sekolah Tinggi Maritim Unggul

Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (Aman Jaya) terus mencetak dan melatih para anak bangsa lulusan SMU/SMK untuk menjadi perwira pelayaran niaga atau kepelabuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (Aman Jaya) terus mencetak dan melatih para anak bangsa lulusan SMU/SMK untuk menjadi perwira pelayaran niaga atau kepelabuhan.

Menurut Direktur Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya, Kol. TNI. (Purn). Samiyono, Aman Jaya tidak seperti akademi lain pada umumnya yang hanya memenuhi kebutuhan tenaga pelaut, namun lebih dari itu.

"Kami berkomitmen dan kebersamaan yang kuat dari para pamong, pendiri dan anak didik agar cita-cita bersama Aman Jaya menjadi perguruan tinggi maritim unggul dan terkemuka di tahun 2025 bisa tercapai," kata Samiyono dalam keterangan pers diterima, Minggu (30/10/2022).

Dia melanjutkan, kesadaran bersama dan pengetahuan sejarah bahwa Aman Jaya yang ada di bawah naungan Yayasan Nala, Angkatan Laut tentu akan senafas dan menjalankan sesuai dengan marwah kebangsaan dan jatidiri dari Angkatan Laut.

"Aman Jaya sudah teruji pengabdiannya kepada Republik ini dalam berbagai periode zaman," yakin Samiyono.

Samiyono menambahkan, Aman Jaya sudah mengalami kemajuan dan perubahan fisik seperti gedung-gedung perkuliahan yang baru dan megah. Selain itu, peringkat akreditasi unggulan dari program studi, ada juga perubahan Akademi menjadi Politeknik yang kini sedang dalam proses.

"Potensi anak didik di Aman Jaya bisa diakomodir semua, tentu selain standarisasi dan kualitas dari prodi di Aman Jaya seperti bidang nautika, teknika, manajemen pelayaran dan kepelabuhan sudah teruji, tapi juga bentuk tri darma kampus yang akan ditingkatkan agar target sasaran dan dampak masyarakat lebih dapat dirasakan," jelas Samiyono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalin Kerjasama

Tidak kalah penting, Aman Jaya telah menjalin kerjasama dengan negara-negara yang masuk dalam BKS PMI (Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Maritim) seperti dengan Belanda, Finlandia, Korea Selatan.

"Aman Jaya memberikan akses dan kesempatan luas menjadi juara dan yang terbaik di semua kanal kompetisi kehidupan," dia menutup.

Menanggapi capaian dari Aman Jaya, Capt Andi M Pakpahan selaku Ketua Umum Generasi Bahari Nusantara juga turut bangga terhadap prestasi yang telah dilakukan oleh Kolonel Tni Purn.Samiyono.

Menurut dia, sejak dilantik tujuh bulan yang sebagai Direktur Aman Jaya, perkembangan dirasa sangat pesat. Selain itu, sosok Samiyono adalah mentor yang baik.

"Beliau adalah sosok maritim yang baik juga yang juga bisa menjadi mentor dan suka membagikan ilmunya terkait maritim," Capt Andi menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.