Sukses

Jakarnaval Kembali Digelar, Usung Tema Kekayaan Intelektual untuk Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta kembali menggelar Jakarnaval, yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 14 Agustus 2022 di Sirkuit Internasional E-Prix, Ancol, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menyatakan Jakarnaval 2022 mengusung tema 'Kekayaan Intelektual untuk Nusantara'.

Tema ini, kata Andhika, diambil dengan tujuan untuk memperkenalkan Intellectual Property (IP) atau Kekayaan Intelektual anak-anak Jakarta yang diwujudkan dalam karya seni.

"Dan ini merupakan bagian dari kekayaan intelektual kreatif anak-anak Jakarta, dipersembahkan untuk nusantara dan untuk dunia," kata Andhika di Sirkuit E-Prix Ancol, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Menurut Andhika, hal itu juga yang menjadi pembeda Jakarnaval 2022 dengan perayaan Jakarnaval pada tahun sebelumnya. Nantinya, akan dimunculkan tokoh legenda nusantara seperti Buto Ijo hingga Bawang Merah Bawang Putih.

"Yang menjadi pembeda parade atau karnaval ini dengan karnaval sebelumnya adalah kita mengangkat kreatifitas dari anak-anak Jakarta, ya dengan memunculkan legend-legendnya Nusantara," jelas Andhika.

"Ada Buto Ijo, ada Rama Shinta, ada bawang putih, bawang merah, tapi dengan tampilan yang sangat kekinian," lanjut dia.

Lebih lanjut, Andhika berharap melalui tema Jakarnaval yang diusung tahun ini, dapat mengaungkan IP buatan asli anak-anak muda kreatif di DKI Jakarta. Pasalnya, kata Andhika selama ini IP kreatif yang banyak diketahui merupakan buatan luar negeri.

"Sementara IP nusantara yang dibuat oleh anak bangsa ini yang semuanya ada di Jakarta juga lebih keren. Nah, jadi dengan demikian tampilan ini mengaungkan kekayaan intelektual nusantara untuk dunia," ucap Andhika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Digelar di Sirkuit Jakarta E-Prix Ancol

Jakarnaval bakal kembali digelar pada Minggu, 14 Agustus 2022 mendatang. Parade atau Kirab Budaya tersebut kembali dihelat usai dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menyatakan, Jakarnaval 2022 ini akan diadakan di venue sirkuit E-Prix, Acol, Jakarta Utara. Menurut Andhika, sirkuit balap mobil listrik ini dipilih karena ikonik dan membanggakan Jakarta.

"Jadi di tempat yang menjadi ikonik ini kita akan aktivasi dengan segala macam event-event kelas internasional. Dan Jakarnaval ini merupakan event unggulan Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 1999," kata Andhika di Sirkuit E-Prix, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (11/8/2022).

Andhika menyatakan kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada pegiat ekonomi kreatif dan komunitas kreatif di DKI Jakarta. Adapun tagline Jakarnaval 2022 ini ialah Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia.

"Kegiatan ini dihadirkan sebagai upaya membangkitkan kembali industri pariwisata di Jakarta, dan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian lokal berbasis pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif. Semoga acaranya lancar dan sukses," ujar Andhika.

Andhika menjelaskan, nantinya rangkaian acara Jakarnaval akan diisi oleh parade kendaraan hias, drama musikal, marching band, dan penampilan menarik dari komunitas pegiat seni budaya di Jakarta. Selain itu, juga akan ada penampilan sederet artis ternama, seperti Armada Band, Lyodra, serta Juicy Luicy.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS