Sukses

Jokowi Bangga Indonesia Sabet Banyak Kemenangan di Singapore Open 2022

Indonesia berhasil menyabet tiga gelar juara dan satu runner up di Singapore Open 2022. Bahkan juara sektor ganda putra telah dipastikan milik Indonesia sejak semifinal setelah empat wakilnya lolos ke babak tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi kemenangan Indonesia dalam ajang pertandingan bulutangkis Singapore Open 2022. Diketahui, Indonesia berhasil menyabet tiga gelar juara dan satu runner up di berbagai sektor.

“Setelah ganda putra dan ganda putri, sore ini Anthony Sinisuka Ginting meraih gelar juara tunggal putra menumbangkan Kodai Naraoka dari Jepang,” tulis Jokowi lewat akun Twitternya, seperti dikutip Liputan6.com, Senin (18/7/2022).

“Selamat kepada Anthony Ginting dan seluruh wakil Indonesia,” ucap Jokowi bangga.

Jokowi menambahkan, gelar juara Singapore Open 2022 di sektor ganda putra sudah dipastikan milik Indonesia. Sebab, empat pasangan Indonesia menguasai partai semifinal. 

“Dari empat pasangan itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil keluar sebagai juara.  Selamat kepada Leo dan Daniel,” ujar Jokowi lagi.

Terakhir, kepada pasangan bulutangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Siva Ramadhanti. Ucapan itu disematkan, usai keduanya berhasil merebut gelar juara dari ajang Singapore Open 2022. 

“Mereka menekuk pasangan Tiongkok, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, yang juga mereka kalahkan di final Malaysia Open 2022 lalu. Selamat kepada Apriyani/Fadia,” ucap presiden memungkasi.

Sebelumnya, sebanyak 12 wakil Indonesia turun di babak 16 besar Singapore Open 2022, Kamis (14/7/2022). Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin jadi harapan terakhir yang sukses mengamankan tiket perempat final. 

Mereka melaju usai menaklukkan duo China Liang Wei Keng/Wang Chan 21-18, 21-12 di Singapore Indoor Stadium. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Leo Daniel Ukir Sejarah

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengukir sejarah dalam perjalanan kariernya. Ganda putra berjuluk The Babbies ini untuk pertama kali mengoleksi titel juara seri BWF World Tour setelah menjuarai Singapore Open 2022.

Leo/Daniel menjadi kampiun turnamen berhadian total 370 ribu dolar AS itu usai menumbangkan seniornya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardinato. Pasangan nomor 23 dunia itu menang 9-21, 21-14, dan 21-16 dalam durasi 52 menit di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Minggu (17/7).

"Pertama-tama kami mengucap syukur kepada Tuhan, kemenangan ini semua berkat mukjizat-Nya. Sejak awal kan Leo sedang mengalami cedera, jadi ini pertandingan pertama," kata Daniel usai laga final Singapore Open.

"Tetapi, Tuhan mudahkan jalannya. Jadi kami bisa sampai juara ini semua berkat kemurahan-Nya."

Leo juga bersyukur dengan prestasi ini. "Ya Alhamdulillah bisa menang. Kemenangan ini tentu akan lebih memotivasi kami ke depannya. Saya tidak boleh cepat puas dengan kemenangan pertama di world tour ini," ucap Leo.

Daniel mengaku tidak mengira akan tampil sebagai juara. "Tadi juga tidak menyangka bisa juara. Apalagi setelah merebut emas SEA Games Hanoi 2021 dan baru tampil lagi di Singapore Open, bisa juara lagi. Saya bersyukur dan merasa senang bisa juara kali pertama di BWF world tour," ucap Daniel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.