Sukses

Bus Shalawat yang Bawa Jemaah ke Masjidil Haram Kembali Beroperasi

Bus shalawat kembali beroperasi, Rabu (13/7/2022). Bus sudah bisa kembali melayani jemaah haji yang ingin ke Masjidil Haram.

Liputan6.com, Jakarta - Bus shalawat kembali beroperasi, Rabu (13/7/2022). Bus sudah bisa kembali melayani jemaah haji yang ingin ke Masjidil Haram.

Bus beroperasi lebih cepat dari jadwal yang ditentukan sebelumnya. Mulanya, bus akan dioperasikan setelah Zuhur Waktu Arab Saudi (WAS), namun bus shalawat sudah beroperasi sejak Subuh.

Puluhan jemaah pun tampak mengantre menunggu bus shalawat yang akan mengantarkan mereka ke Masjidil Haram untuk menyelesaikan rangkaian ibadah haji yaitu thawaf ifadoh.

"Kami mau tawaf ke Masjidil Haram. Dari kemarin istirahat di hotel," kata seorang jemaah bersama rombongannya.

Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif menjelaskan, bus shalawat kembali beroperasi. Sebelumnya bus ini ditarik untuk transportasi di Arafah Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Namun, jalur Mahbas Jin-Bab Ali yang masih belum beroperasi hari ini. Menurut Khanif, hal tersebut otoritas dari pemerintah Arab Saudi. Rute Mahbas Jin-Bab Ali merupakan sektor 1 yang melayani jamaah haji dari embarkasi Surabaya (SUB) dan Lombok (LOP). Diharapkan, bus shalawat di rute ini segera bisa dioperasikan.

"Kita menunggu dari pemerintah Arab Saudi kapan dimulainya. Kita berharap Rabu juga tapi mereka punya perhitungan tersendiri, kapan bisa dimulai memungkinkan itu dimulai apa masih menunggu lagi karena itu jalur kan jalur padat, jalur internasional," kata Khanif.

Sementara itu, untuk memudahkan jemaah mengenali, setiap bus dipasang stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda. Stiker itu berisi informasi rute, nomor rute, dan warna rute.

Stiker rute Mahbas Jin - Bab Ali berwarna putih dengan nomor 1. Rute Syisyah - Syieb Amir warna biru dengan nomor 2. Rute Raudhah - Syieb Amir stiker warna hijau dengan nomor 3. Rute Jarwal - Syieb Amir warna hitam dengan nomor 4. Dan, rute Misfalah - Jiad, stiker warna cokelat dengan nomor 5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Rute

Ada lima rute bus shalawat di Makkah sesuai wilayah hotel jemaah dengan tiga terminal, yaitu: Syieb Amir, Bab Ali, dan Jiad.

Rute pertama, Mahbas Jin - Bab Ali. Sebanyak 16 bus disiapkan untuk melayani 19.288 yang tersebar di enam hotel di wilayah Mahbas Jin. Ada tiga halte pemberhentian yang telah disiapkan.

Kedua, rute Syisyah - Syieb Amir. Ada 29 bus yang disiapkan untuk melayani 11.428 jemaah yang tinggal di 9 hotel wilayah Syisyah. Di sini disiapkan tiga halte pemberhentian.

Ketiga, rute Raudhah - Syieb Amir. Total ada 53 bus untuk 21.015 jamaah yang tinggal di 6 hotel wilayah Raudhah, dengan lima halte pemberhantian.

Keempat, rute Jarwal - Syieb Amir. Rute ini akan melayani 24.903 jamaah yang tinggal di dua hotel wilayah Jarwal. Total ada 62 bus dengan dua halte.

Kelima, rute Misfalah - Jiad. Rute ini melayani 17.550 jemaah. Mereka tinggal di 13 hotel wilayah Misfalah dengan tujuh halte pemberhentian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.