Sukses

Anies Serahkan Sapi Kurban Bernomor 024 di JIS, Kode Nyapres?

Sapi kurban bercorak cokelat putih itu mencuri perhatian karena bernomor 024. Sinyal Anies bakal maju Capres 2024?

 

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan kurban sapi berbobot 1,2 ton kepada panitia kurban di Jakarta Internasional Stadium (JIS) usai melaksanakan salat Idul Adha berjemaah. Sapi kurban bercorak cokelat putih itu mencuri perhatian karena bernomor 024.

"Izinkan dalam kesempatan pagi hari ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yang telah diperiksa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Pertanian, yang dinyatakan sehat," kata Anies di Jakarta, Minggu (10/7/2022)

Dia menyampaikan kepada panitia kurban agar sapi tersebut nantinya dapat didistribusikan untuk masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Dia mendoakan kurban dapat diterima dan menjadi pahala bagi semuanya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, maka hewan kurban ini kami serahkan kepada panitia kurban untuk didistribusikan di Jakarta dan sekitarnya. InsyaAllah kurban ini diterima dan dilipatgandakan pahalanya bagi semua," kata dia.

Perihal sapi bernomor 024 tersebut yang tertulis di tengah-tengah badan sapi, Anies menolak menjelaskan maksudnya saat dimintai keterangan. Dia memilih bungkam dan tidak menjawab saat dikait-kaitkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Anies mengatakan total ada empat sapi yang dikurbankannya di Lebaran Haji tahun ini. Sapi-sapi itu disalurkan di kediamannya di Lebak Bulus dan Kuningan, Jawa Barat, satu sapi di Yogyakarta dan satu sapi lainnya di Masjid Kampus Universitas Gajah Mada (UGM).

"Saya sendiri memberikan hewan kurban satu di sini dibawa ke tempat pemotongan hewan di Cakung dan di rumah kami di Lebak bulus, di Kuningan Jawa Barat, juga di satu di Jogja juga satu, dan juga di masjid kampus di UGM," kata Anies di Ramp Barat JIS, Jakarta Utara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Doa Jemaah Haji

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini menjalankan salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/2022).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anies tiba bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama pejabat Pemprov DKI Jakarta lainnya pada pukul 06.11 WIB.

Anies tampak langsung menuju area Ramp Barat JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan menempati jajaran shaf paling depan di dekat khatib dan imam.

Adapun yang bertindak sebagai Imam dalam shalat Idul Adha ini ialah Ketua LPTQ DKI Jakarta KH Muhammad Ali. Sementara khotib salat Idul Adha ialah Pimpinan Pondok Pesantren Darul Rahman KH Syukran Ma'mun.

Sebelum salat dimulai, Anies memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Anies mengapresiasi masyarakat yang sudah hadir melaksanakan salat Idul Adha di JIS.

Dia juga mengajak semua yang hadir mendoakan masyarakat yang tengah beribadah di tanah suci. Sebaliknya, Anies juga meminta didoakan oleh masyarakat yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci.

"Kami ajak seluruh masyarakat Idul Adha di JIS untuk mendoakan sadara kita yang saat ini mengikuti menunaikan menuntaskan ibadah haji di tanah suci. Dari Tanah Air kita doakan mereka diberikan kesehatan kemudahan menjalankan rangkaian ibadah haji dan kembali sebagai haji yang mabrur," kata Anies di Ramp Barat JIS, Jakarta Utara.

"Yang di tanah suci doakan kami yang di Tanah Air Insya Allah kita di Tanah Air selalu dilindungi dan dijauhi dari marabahaya dan diberikan kemudahan dalam meraih rasa keadilan dan kesejahteraan," lanjut dia.

Tema khutbah hari ini adalah "Kurban, Cinta Allah Cinta Sesama". Anies disebut juga akan menyerahkan hewan kurban berupa sapi seberat 1,2 ton kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.