Sukses

Jokowi dan Iriana Akan Sholat Idul Adha 2022 Bersama Warga di Masjid Istiqlal

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi berencana mengikuti sholat Idul Adha 1443 H/2022 M bersama masyarakat umum di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Minggu (10/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan melaksanakan sholat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Minggu besok, 10 Juli 2022. Ibu Negara Iriana Jokowi juga dipastikan akan ikut salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

"Besok Bapak Presiden dan Ibu Iriana Insyaallah akan melaksanakan salat Idul Adha bersama masyarakat di Masjid Istiqlal," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/7/2022).

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal sendiri akan dipimpin oleh Salim Ghazali. Adapun khotbah akan disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, Mohammad Nuh dengan tema "Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan".

Selain dihadiri oleh masyarakat umum, sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal juga akan diikuti oleh pejabat negara, para menteri, dan pejabat pemerintah.

“Para dubes negara sahabat juga Insyaallah hadir, termasuk perwakilan dari organisasi massa Islam," kata Heru.

Pada Idul Adha tahun ini, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton. Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, di Istiqlal Bapak Presiden menyerahkan seekor sapi. Per provinsi 1 (sapi), beratnya kurang lebih kita harapkan minimal 800 kilogram sampai 1 ton," jelas Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sholat Idul Adha di Istiqlal Mulai Pukul 07.00 WIB

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal menyelenggarakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Adapun shalat Idul Adha akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

"Mengikuti keputusan pemerintah melalui sidang isbat mengenai pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal melangsungkan shalat Idul Adha pada Ahad, 10 Juli 2022," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, dikutip dari siaran persnya, Jumat (8/7/2022).

Selain itu, Masjid Istiqlal juga akan menggelar Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah. Adapun Gema Takbir dapat dihadiri oleh masyarakat secara langsung di Masjid Istiqlal.

"Masjid Istiqlal juga akan menyelenggarakan Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah, yang bisa dihadiri oleh masyarakat secara langsung di Lantai Utama Masjid Istiqlal, ataupun disaksikan secara daring melalui YouTube Channel Masjid Istiqlal TV," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Jemaah Diimbau Terapkan Prokes

Nasaruddin mempersilakan masyarakat untuk mengikuti shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

"Pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini bisa diikuti oleh jamaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," ungkapnya.

Terkait kapasitas jamaah shalat Idul Adha 1443 H di Masjid Istiqlal, Kabid Penyelenggaraan Peribadatan Bukhori Sail Attahiri menuturkan penyelenggaraannya sama seperti saat Idul Fitri 1443 H yang lalu. Artinya, Istiqlal menyiapkan kapasitas 150.000 untuk jemaah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.