Sukses

Menag: Arab Saudi Panasnya Luar Biasa, Jemaah Haji Jaga Fisik dan Stamina

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Choumas melaksanakan ibadah umrah wajib bersama dengan rombongan Amirul Haj yang sampai di Arab Saudi pada Senin, (4/7/2022). Dia meminta jemaah calon haji Indonesia untuk menjaga fisik dan stamina menjelang puncak ibadah haji. 

"Saya menyaksikan sendiri bagaimana jemaah tertib dari tawaf sampai sai. Dan menurut saya pengaturannya juga sudah luar biasa, dan panasnya juga luar biasanya, maka saya kepada jemaah haji Indonesia saya pesankan untuk menjaga fisik, stamina dijaga, minum vitamin yang cukup, minum air juga cukup," kata Menag Yaqut usai umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin.

Dia pun menilai, hal tersebut bagian dari ujian ketika melaksanakan ibadah haji. "Mudah-mudahan kepada seluruh jemaah haji Indonesia diberi kesehatan, kelancaran dan mendapatkan haji mabrur," kata Yaqut.

Sementara itu, saat pertama kali tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Menag Yaqut memberi pesan khusus kepada petugas dan jemaah menjelang fase puncak ibadah haji yaitu wukuf di Arafah, serta Mabit di Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji, petugas dan jemaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," pesan Menag Yaqut setibanya di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

"Petugas jangan lupa tetap bertugas sesuai kewajiban, melayani jemaah dengan baik, karena jika jemaah terlayani dengan baik, mereka bisa beribadah dengan baik dan semua mendapat haji mabrur dan mabrurah," harap dia.

Dia mengaku mengikuti informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji. Gus Men, panggilan akrabnya, banyak mendapat informasi terkait kebahagiaan jemaah dalam menjalani ibadah haji.

"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayanannya pun sangat baik," tutur Menag.

2 dari 2 halaman

240 Kloter Tiba di Arab Saudi

Sebelumnya dua kloter terakhir jemaah calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi pada Minggu (3/7/2022). Dengan demikian, sudah ada 240 kloter yang sudah tiba di Kota Makkah.

"Alhamdulillah, kita bersyukur kehadirat Allah, 240 kloter sudah tiba di Kota Makkah, dengan ini seluruh kloter sudah tiba dengan jumlah jemaah 92.668 jemaah dan petugas," ujar Kepala Daker Kerja Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Minggu.

Dua kloter dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) dan Embarkasi Solo (SOC) menjadi kloter yang terakhir tiba di Kota Makkah pada Minggu 3 Juli. Jemaah dari SOC tiba di Hotel Kiswah 401 dan 402, Jarwal, Makkah sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan jemaah SOC 43 ini menandai berakhirnya kedatangan jemaah reguler.

"Ke depan kita akan terus berikan pelayanan terkait akomodasi, konsumsi, dan transportasi jemaah haji. Untuk nanti perjalanan puncak ke Arafah kita berharap jemaah haji dapat menyiapkan diri untuk menjaga kebugaran tubuh untuk laksanakan puncak haji," kata dia.

Khanif mengatakan, bagi jemaah yang baru tiba di Makkah akan melaksanakan umrah wajib yang nanti akan difasilitasai transportasi bus shalawat. Operasional bus shalawat terakhir pada besok.

"Jadi besok terakhir layanan bus salawat, kemudian kita akan menunggu perjalanan atau pemberangkatan ke Arafah. Dalam masa menunggu ini kita berharap para jemaah haji menyiapkan diri untuk menjaga kesehatan badan, untuk laksanakan puncak ibadah haji," kata dia.