Sukses

5 Fakta Terkait Ruben Onsu Sakit

Liputan6.com, Jakarta - Artis Ruben Onsu dikabarkan kesehatannya kembali menurun. Bahkan, suami Sarwendah ini lagi-lagi harus dilarikan ke rumah sakit.

Kabar tersebut disampaikan sang putra, Bertrand Peto saat menyampaikan pidato kemenangan di ajang Telkomsel Awards 2022. Dia memenangkan kategori Favorite Song.

Di atas panggung, Betrand menyampaikan rasa terima kasih pada keluarganya. Dia lalu mengabarkan Ruben Onsu sakit dan saat ini sedang berada di rumah sakit.

"Piala ini untuk ayah. Karena tadi aku dengar kabar kalau ayah lagi di rumah sakit," kata Betrand Peto dikutip dari YouTube The Onsu, Minggu 26 Juni 2022.

Setelah acara usai, Betrand Peto pun bergegas menjenguk sang ayah di rumah sakit. Dia kaget saat mendengar kabar sang ayah kembali jatuh sakit.

Senada, Sarwendah juga mengabarkan sang suami sedang berada di rumah sakit. Sarwendah pun mendampingi Ruben yang berada di rumah sakit.

Melalui akun Instagram, Sarwendah pun mencurahkan isi hatinya. Menurut dia, hidup memang penuh dengan kejutan. Tak ada satu pun yang tahu apa yang akan terjadi dalam hidup ke depannya.

"Kehidupan penuh dengan kejutan, tinggal bagaimana cara kita menjalaninya, semangat," tulis Sarwendah.

Menurut dia, Ruben tengah mengalami kekurangan darah sampai perlu dilakukan transfusi darah.

"Darahnya berkurang lagi, jadi masih observasi. Ya doain yang terbaik ya," kata Sarwendah.

Kondisi kekurangan darah sampai membuat Ruben butuh transfusi darah hingga delapan kantong.

Berikut sederet fakta terkait kembali sakitnya Ruben Onsu dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Dikabarkan Sang Anak

Kesehatan suami Sarwendah, Ruben Onsu, kembali menurun. Presenter kondang ini lagi-lagi harus dilarikan ke rumah sakit.

Kabar ini diketahui dari pernyataan sang putra, Betrand Peto saat menyampaikan pidato kemenangan di ajang Telkomsel Awards 2022. Dia memenangkan kategori Favorite Song.

Di atas panggung, Betrand menyampaikan rasa terima kasih pada keluarganya. Dia lalu mengabarkan bahwa Ruben Onsu sedang berada di rumah sakit.

"Piala ini untuk ayah. Karena tadi aku dengar kabar kalau ayah lagi di rumah sakit," kata Betrand Peto dikutip dari YouTube The Onsu, Minggu 26 Juni 2022.

Setelah acara usai, Betrand Peto pun bergegas menjenguk sang ayah di rumah sakit. Dia kaget saat mendengar kabar sang ayah kembali jatuh sakit.

"Pertama kali kaget, syok. Ini kita mau lihat ayah dulu di rumah sakit, tadi dikabarin ayah tiba-tiba masuk rumah sakit," ungkapnya.

Saat masih dalam perjalanan, Betrand Peto berkomunikasi melalui sambungan video call bersama sang ayah. Ruben terlihat sedang berbaring di ranjang perawatan.

"Mana pialanya ayah lihat," kata Ruben Onsu pada sang putra.

Betrand Peto pun tak bisa menahan air matanya. Perasaannya tentu berkecamuk melihat sang ayah terbaring di rumah sakit, di saat ia meraih piala kemenangannya.

 

3 dari 6 halaman

2. Sang Istri, Sarwendah Ungkap Kondisi Suaminya

Presenter Ruben Onsu kembali menurun kondisi kesehatannya. Beberapa waktu lalu ia sampai menjalani perawatan di rumah sakit. Sang istri, Sarwendah menuturkan bahwa Ruben tengah mengalami kekurangan darah sampai perlu dilakukan transfusi darah.

"Darahnya berkurang lagi, jadi masih observasi. Ya doain yang terbaik ya," kata Sarwendah.

Kondisi kekurangan darah sampai membuat Ruben butuh transfusi darah hingga delapan kantong.

"Pertama kali lima kantong, tapi yang ini delapan kantong. Jadi memang butuh lebih banyak," kata Sarwendah saat berada di sebuah pusat perbelanjaan di Kelapa Gading, Jakara Utara pada Minggu, 26 Juni 2022.

Sebagai seorang istri, tentu Sarwendah sedih dengan kondisi sang suami yang kembali jatuh sakit.

"Sedih ya sedih, bingung ya bingung," katanya seperti mengutip dalam MOP Channel.

Namun, ibu tiga anak itu tidak menjelaskan secara detail nama penyakit yang sedang dialami Ruben Onsu. Meski begitu, Sarwendah mengucapkan terima kasih atas segala doa masyarakat untuk kesembuhan Ruben Onsu.

 

4 dari 6 halaman

3. Bukan Pertama Kalinya Sakit

Beberapa waktu lalu, Ruben Onsu sempat dilarikan ke rumah sakit, tanpa diketahui penyebabnya. Saat itu, kondisi dan keberadaan Ruben Onsu di rumah sakit diabadikan olehnya dalam sebuah video, yang diunggah ke kanal Youtubenya.

Saat dilarikan ke rumah sakit, kondisi tubuhnya drop karena hemoglobin-nya turun mencapai angka empat.

Kala itu, Ruben mengakut, dokter yang menangani Ruben pun sempat kebingungan dengan kondisinya yang tiba-tiba drop.

"Tapi dokter juga bingung, gue pusing nggak. Segala tes yang gue jalanin juga nggak, orang gue ketawa jorok-jorokan sama Denny Cagur sebelum ke rumah sakit, gue juga bingung," kata Ruben Onsu ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 6 Juni 2022, dikutip dari Showbiz-Liputan6.com.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara di program talkshow televisi, Ruben Onsu sempat menjelaskan rasa takut yang menyerangnya mengetahui dirinya dan Sarwendah sama-sama terserang penyakit.

Kondisi ini membuat Ruben Onsu sangat bersedih. Dia memikirkan ketiga buah hatinya yang masih membutuhkan perhatian penuh dari orangtua.

"Saya bilang sama istri saya kalau ketakutan saya yang ini sama dengan ketakutan dia kemarin. Anak-anak masih kecil-kecil. Itu yang menjadi ketakutan kita berdua, kekhawatiran kita berdua," tutur Ruben Onsu dalam acara Brownis, Kamis 16 Juni 2022.

Ruben Onsu dan Sarwendah berpikir siapa yang harus lebih dulu mendapat tindakan medis. Apakah dirinya, atau sang istri.

"Saya bilang sama dia, yang mau tindakan saya dulu atau kamu dulu. Jadi saya meminta dia untuk fokus ke dia dulu, karena anak-anak lebih perlu dia," ujarnya.

Menurut Ruben Onsu, istrinya merasa sangat takut saat menjalani pengobatan. "Kemarin kita sudah ke salah satu rumah sakit yang ada di Karawaci, terus dia takut karena beberapa pasien yang datang mungkin usianya jauh lebih tua dari dia," ujarnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Sama-Sama Sedang Sakit, Saling Menguatkan

Pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah diketahui sedang mengalami sakit. Ruben Onsu sempat menjalani perawatan di rumah sakit hingga harus menjalani transfusi darah.

Sementara Sarwendah sempat mengidap penyakit langka yang menyerang batang otaknya. Kondisi ini memaksa keduanya sama-sama menjalani pengobatan demi mendapatkan kembali kualitas hidup sehat seperti semula.

"Pokoknya doain lah aku sama ayah, semuanya sehat gitu, sekarang tuh masih masa pengobatan lah istilahnya," kata Sarwendah membahas soal kondisi kesehatan dirinya dan sang suami, Ruben Onsu, seperti dikutip dari tayangan Kiss Pagi di saluran YouTube Indosiar, Senin (27/6/2022).

Saat ini, kata Sarwendah, ia bersama Ruben Onsu fokus menjalani aktivitas seperti biasa sembari menjalani pengobatan terhadap penyakit yang menyerang tubuh mereka masing-masing.

Sarwendah meyakini dirinya bersama Ruben Onsu bisa melewati penyakit yang kini tengah menyerang tubuh masing-masing.

Selain menjalani pengobatan, kata Sarwendah, ia dan bapak tiga anak itu bersama-sama saling memberikan dukungan dan menguatkan diri masing-masing.

"Kita berdua lagi menguatkan diri masing-masing, menguatkan satu sama lain juga," beri tahu Sarwendah.

 

6 dari 6 halaman

5. Masih Tetap Kerja, Namun Dalam Pengawasan Dokter

Meski sedang sakit, baik Ruben Onsu maupun Sarwendah tetap giat bekerja. Sarwendah mengatakan, ia dan bapak Betrand Peto bekerja untuk membiayai pengobatan penyakit masing-masing.

"Kalau misalnya orang nanya kenapa sih masih kerja atau kaya gimana, ya realistis aja walaupun sakit kita juga butuh biaya," kata Sarwendah.

"Lagian kalau orang yang sudah terbiasa kerja dan tiba-tiba kita disuruh diam saja di rumah, itu juga nggak mungkin," dia menambahkan.

Soal bekerja dalam kondisi sakit, Sarwendah mengatakan, jika dirinya dan Ruben Onsu tetap mendapat perhatian dan pengawasan dari dokter masing-masing.

Keduanya tak ingin pasrah menjalani pengobatan penyakit dengan berdiam diri tanpa mengerjakan aktivitas yang biasa mereka lakukan.

"Malah mungkin bisa bertambah pikirannya jadi tambah stres (kalau hanya berdiam diri). Jadi segala sesuatu kerjaan yang kita lakukan sekarang pun dalam pengawasan dokter, jadi dokter pun mengizinkan," terang Sarwendah.

Dengan bekerja, dijelaskan Sarwendah, ia dan Ruben Onsu mendapat banyak manfaat selain mengalihkan pikiran terhadap penyakit yang menyerang tubuh masing-masing.

Sebab, kata dia, kesehatan secara psikologi juga perlu diperhatikan dalam menjalani pengobatan penyakit keduanya.

"Sebenarnya kan orang kalau badannya lagi nggak fit, sakit gitu ya, yang perlu mereka perhatikan juga kan secara psikisnya mereka. Kalau bahagia pasti imunnya mereka juga tambah naik," tandas Sarwendah.