Sukses

Ruben Onsu Transfusi Darah Hingga 8 Kantong, Sarwendah: Doakan yang Terbaik

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Ruben Onsu kembali menurun kondisi kesehatannya. Beberapa waktu lalu ia sampai menjalani perawatan di rumah sakit. Sang istri, Sarwendah menuturkan bahwa Ruben tengah mengalami kekurangan darah sampai perlu dilakukan transfusi darah.

"Darahnya berkurang lagi, jadi masih observasi. Ya doain yang terbaik ya," kata Sarwendah.

Kondisi kekurangan darah sampai membuat Ruben butuh transfusi darah hingga delapan kantong.

"Pertama kali lima kantong, tapi yang ini delapan kantong. Jadi memang butuh lebih banyak," kata Sarwendah saat berada di sebuah pusat perbelanjaan di Kelapa Gading, Jakara Utara pada Minggu, 26 Juni 2022.

Sebagai seorang istri, tentu Sarwendah sedih dengan kondisi sang suami yang kembali jatuh sakit.

"Sedih ya sedih, bingung ya bingung," katanya seperti mengutip dalam MOP Channel.

Namun, ibu tiga anak itu tidak menjelaskan secara detail nama penyakit yang sedang dialami Ruben Onsu. Meski begitu, Sarwendah mengucapkan terima kasih atas segala doa masyarakat untuk kesembuhan Ruben Onsu.

Beberapa waktu lalu, Ruben Onsu sempat dilarikan ke rumah sakit, tanpa diketahui penyebabnya. Saat itu, kondisi dan keberadaan Ruben Onsu di rumah sakit diabadikan olehnya dalam sebuah video, yang diunggah ke kanal Youtubenya.

Saat dilarikan ke rumah sakit, kondisi tubuhnya drop karena hemoglobin-nya turun mencapai angka empat. 

Kala itu, Ruben mengakut, dokter yang menangani Ruben pun sempat kebingungan dengan kondisinya yang tiba-tiba drop

"Tapi dokter juga bingung, gue pusing nggak. Segala tes yang gue jalanin juga nggak, orang gue ketawa jorok-jorokan sama Denny Cagur sebelum ke rumah sakit, gue juga bingung," kata Ruben Onsu ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 6 Juni 2022, dikutip dari Showbiz-Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Apa itu Transfusi Darah?

Transfusi darah adalah pemindahan darah ke dalam pembuluh darah si penerima atau resipien. T

ransfusi darah biasanya dilakukan sebagai tindakan penyelamatan nyawa untuk menggantikan darah yang hilang. Bisa karena perdarahan hebat, saat operasi terjadi kehilangan darah, atau meningkatkan jumlah darah pada pasien anemia.

Sebelum menerima darah, seorang penerima darah bakal menjalani tes untuk mengetahui golongan darah (A, B, AB, atau O) serta rhesusnya (negatif atau positif.

Baru petugas kesehatan akan memberikan darah sesuai golongan darah seperti mengutip Mayo Clinic.

Jenis Transfusi Darah

Ada beberapa jenis transfusi darah. Berikut yang paling umum:

1. Transfusi sel darah merah

Dapat digunakan jika Anda menderita anemia atau kekurangan zat besi.

2. Transfusi trombosit

Trombosit adalah sel kecil dalam darah yang membantu menghentikan pendarahan.Transfusi trombosit digunakan jika tubuh tidak memiliki cukup trombosit. Bisa jadi karena kanker atau menjalani perawatan kanker.

3. Transfusi plasma

Transfusi ini membantu menggantikan protein dalam darah. Transfusi ini mungkin diperlukan setelah pendarahan hebat atau jika memiliki penyakit hati.

3 dari 4 halaman

Bertrand Onsu Bersedih Saat Terima Penghargaan

Betrand Peto saat menyampaikan pidato kemenangan di ajang Telkomsel Awards 2022 pada Jumat, 24 Juni lalu mengatakan bahwa ayahnya sedang di rumah sakit.

"Piala ini untuk ayah. Karena tadi aku dengar kabar kalau ayah lagi di rumah sakit," kata Betrand Peto saat memenangkan kategori Favorite Song dikutip dari YouTube The Onsu.

Setelah acara usai, Betrand Peto pun bergegas menjenguk sang ayah di rumah sakit. Dia kaget saat mendengar kabar sang ayah kembali jatuh sakit.

"Pertama kali kaget, syok. Ini kita mau lihat ayah dulu di rumah sakit, tadi dikabarin ayah tiba-tiba masuk rumah sakit," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Sarwendah: Hidup Penuh dengan Kejutan

Saat kondisi sang suami menurun, Sarwendah pun mencurahkan isi hatinya. Sarwendah mengatakan bahwa hidup memang penuh dengan kejutan. Tak ada satu pun yang tahu apa yang akan terjadi dalam hidup ke depannya.

"Kehidupan penuh dengan kejutan, tinggal bagaimana cara kita menjalaninya, semangat," tulis Sarwendah.