Sukses

Pemprov DKI Segera Bayar Dana Operasional RW yang Nunggak 6 Bulan Terakhir

Penyaluran dana operasional RW dan RT itu lancar sejak 2021. Hanya saja, baru mandek enam bulan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membayar tunggakan dana operasional Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) selama enam bulan atau sejak Januari-Juni 2022, khususnya di RW 016 Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara.

"Sudah dirapatkan di Biro Pemerintahan DKI Jakarta dan akan segera dibayarkan," kata Lurah Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Sugiharjo Timbo di Jakarta Utara, Sabtu 18 Juni 2022.

Ia menjelaskan, selama enam bulan terakhir, pelayanan terhadap warga di lingkungan RW016 Pademangan Barat tidak terkena dampak, meski ada kendala dalam penyaluran dana operasional kepada pengurus RT/RW tersebut.

Bendahara RW016 Kelurahan Pademangan Barat Tanzil Yusra mengatakan dana operasional adalah dana untuk penyelenggaraan tugas dan fungsi RW dan RT sebagai penunjang kegiatan operasional di wilayah masing-masing.

Tanzil menjelaskan, wilayah RW016 Pademangan Barat terdiri dari delapan RT sehingga setiap bulannya, dana operasional sebesar Rp18,5 juta akan disalurkan kepada pengurus RW serta delapan RT tersebut.

Rinciannya, pengurus RW akan menerima Rp2,5 juta sementara masing-masing RT sebesar Rp2 juta.

"Dari delapan RT berikut RW itu, kurang lebih Rp18,5 juta satu bulannya. Biasanya dana itu untuk memperbaiki lingkungan, misalnya beli lampu, perbaikan jalan, alat tulis kantor (ATK) dan lain-lain," ujar Tanzil yang dilansir dari Antara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyaluran Dana Lancar Sejak 2021

Menurut Tanzil, penyaluran dana operasional itu lancar-lancar saja pada 2021. Hanya saja, baru mandek enam bulan terakhir. Namun pelayanan kepada warga tidak terpengaruh karena permasalahan itu. "(Pelayanan) tetap berjalan seperti biasa," kata Tanzil.

Tanzil dan pengurus RW sudah bersurat ke berbagai pihak, termasuk yang terakhir ke Pemprov DKI Jakarta agar dapat permasalahan dana operasional itu segera teratasi.

Menurut dia, para pengurus RT/RW setempat beserta jajaran Kelurahan Pademangan Barat juga mengikuti rapat di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (15/6). Hasil rapat, lanjut Tanzil, sebagaimana yang disampaikan oleh kelurahan, yakni dana tersebut segera disalurkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.