Sukses

PAN Dapat Kursi Menteri, KIB Dinilai Telah Kantongi Restu Jokowi

Ujang menuturkan setiap pergerakan yang dilakukan oleh anak buahnya pasti Presiden Jokowi memantaunya. Termasuk mengenai langkah politik dari partai politik menuju Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Dengan demikian tiga partai yang masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu yakni Partai Golkar, PAN dan PPP seluruhnya  berada dalam koalisi Pemerintahan saat ini.

Masuknya PAN disebut juga menjadi angin segar bahwa KIB mendapat ‘restu’ dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena Jokowi memberikan jabatan kepada Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjabat Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian), Ketum PPP Suharso Monoarfa menjabat Menteri PPPN/Kepala Bappenas dan terbaru Ketum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan.

Mengenai hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menegaskan tidak mungkin KIB terbentuk tanpa izin dari Presiden Jokowi. Pasalnya Airlangga dan Suharso adalah anak buah dari Kepala Negara.

“KIB itu kan terbentuk tidak mungkin tanpa seizin Presiden Jokowi. Kita tahu bahwa KIB dibentuk kan Ketum Golkar (Airlangga) dan Ketum PPP (Suharso) itu menjabat sebagai menteri anak buah presiden,” kata Ujang kepada wartawan, Jumat (16/6/2022).

Ujang menuturkan setiap pergerakan yang dilakukan oleh anak buahnya pasti Presiden Jokowi memantaunya. Termasuk mengenai langkah politik dari partai politik menuju Pemilu 2024.

“Sesuatu apa saja pasti izin, apalagi terkait dengan persoalan politik. Saya melihat itu merestui, mengizinkan terbentuknya KIB itu dari Presiden Jokowi,” urai Ujang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koalisi Jangka Panjang

Dengan demikian, kata Ujang, bisa dibilang pembentukan KIB adalah sebuah langkah politik yang amat positif. Terbukti Presiden Jokowi tidak mempermasalahkannya.

Malah kini anggota dari KIB yakni PAN mendapatkan kursi menteri, lalu menjadi bagian dari koalisi pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin.

“Saya melihat bukan hanya sesuatu yang positif bagi Jokowi. Karena bagaimanapun KIB kelihatannya akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Jokowi hingga 2024 nanti,” sebut Ujang.

Sekedar informasi,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik dua menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Keputusan Republik Indonesia Nomor 64B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. 

Dalam Keputusan Presiden itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Menteri Perdagangan, dan Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini