Sukses

Ketum PAN Zulkifli Hasan Minta Anies, Sandi hingga Cak Imin Bareng untuk Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berharap PKS bisa bergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ia menyebut dengan banyaknya koalisi, maka Pilpres 2024 tidak hanya ada dua poros koalisi seperti Pemilu 2019.

"Kami Golkar dan PPP mencoba membuat Koalisi Indonesia Bersatu ya. Maksudnya mudah-mudahan PKS bisa bersama-sama. Maksudnya itu jangan dua (poros) lagi, calonnya jangan dua lagi Pilpres besok," ujar pria yang karib disapa Zulhas pada acara puncak Milad PKS, Minggu (29/5/2022).

Zulhas tak hanya mengajak PKS, melainkan juga Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno untuk bersama-bersama di Pemilu 2024.

"Oleh karena itu, kami mencoba, Pak Anies, Cak Imin, mudah-mudahan kita bisa bareng-bareng, ya, Pak Sandi," kata Zulhas.

Zulhas juga menyinggung situasi politik selama dan pasca-Pilpres 2019 yang hanya menampilkan dua koalisi. Ia menyebut dua paslon terbukti menimbulkan kerenggangan dan tidak produktif di masyarakat.

"Atmosfer kita kita akhir-akhir ini pengap dan tidak produktif akibat mungkin salah satu sebabnya Pilpres kemarin itu hanya dua pasang, karena Pilpres cuma dua pasang, masing-masing pendukung mati-matian membela kandidatnya dan meniadakan kandidat yang lain," pungkas Zulhas.

Diketahui, sejumlah ketua partai politik dan pejabat pemerintah turut hadir pada Milad ke-20 PKS.

Beberapa yang hadir di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Waketum Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Sekjen PPP Arwani Thomafi, Politikus NasDem Rachmat Gobel, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Rachmat Gobel Gantikan Surya Paloh Hadiri Milad PKS

Puluhan ribu simpatisan dari penjuru tanah air hadir dalam puncak perayaan Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (29/5/2022). Sejumlah perwakilan pimpinan parpol dan tokoh bangsa juga turut menghadiri kegiatan tersebut. 

Beberapa tokoh yang hadir di antaranya Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel sekaligus mewakili Partai Nasdem, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang mewakili Partai Demokrat. 

Hadir juga Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Firman Subagyo yang mewakili Partai Golkar, Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Selain itu hadir juga Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Gubernur Sumbar Rahmat Irfan Denas, Gubernur NTB Zulkieflimansyah serta Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir secara virtual. 

Dalam sejumlah kegiatan, Rachmat Gobel memang terlihat beberapa kali menggantikan Ketua Umum Partai Nasdem. Wacana mengenai pengusaha sukses asal Gorontalo dengan tagline Cahaya Dari Timur Untuk Indonesia menjadi Wapres pada Pilpres 2024 mendatang pun menguat. 

Anggota DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan menyatakan pihaknya sedang mempertimbangkan dukungan tersebut. Apalagi hingga saaAda dua nama yang saat ini dalam pantauan Nasdem. 

“Penyaringan sejumlah nama capres dari semua DPW NasDem hingga kini terus dilakukan. Beberapa nama dinilai populer sebagai capres. Apabila diamati ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi nama-nama Capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai NasDem di Jakarta nanti,” ujar Farhan dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (25/5/2022).

Hingga saat ini, tak banyak tokoh nasional dari Indonesia Timur yang sesukses Jusuf Kalla. Rachmat Gobel pun dinilai menjadi tokoh representasi dari Indonesia Timur dan representasi lintas tokoh yang mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik ke depannya. 

3 dari 3 halaman

Hadiri Milad PKS, Anies Disambut Teriakan Presiden

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir pada acara puncak Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke-20 pada hari ini, Minggu (29/5/2022) di Istora Senayan, Jakarta.

Tiba di lokasi sekitar pukul 13.20 WIB, Anies Baswedan disambut meriah dengan tepuk tangan. Sebagian peserta milad PKS juga meneriakkan "Anies Presiden" dari atas tribun.

Anies nampak mengenakan batik bernuansa orange. Ia langsung menyapa Presiden PKS Syaikhu, Ketua DPP Gerindra Sandiaga Uno, dan Ketua DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.

“Pak Anies datang pakai baju oranye,” kata pembawa acara diiringi tepuk tangan peserta milad.

Diketahui, PKS baru saja mengganti warna logo menjadi oranye dari semula hitam-kuning.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS, Pipin Sopian, mengatakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan hadir dan memberikan pidato.

“Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar hadir, juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifi Hasan dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno dan Gubernur Anies Baswedan juga akan berpidato,” kata Pipin pada Liputan6.com, Minggu (28/5/2022).