Sukses

Cerita Panitia Menghadap Menteri BUMN Erick Thohir Ajukan Sponsor Formula E

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni berharap adanya sponsor dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebab, hingga Kamis 19 Mei belum ada konfirmasi BUMN menjadi bagian sponsor pada ajang pertandingan balap mobil listrik tersebut.

"Saya dan tim penyelenggara berharap banget BUMN sponsor, belum ada (BUMN menjadi sponsor Formula E)," kata Sahroni dalam konferensi pers di Kawasan Ancol Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Dalam konferensi pers tersebut, panitia sempat menjabarkan perusahaan yang menjadi sponsor Formula E Jakarta, meski belum dapat mempublikasi entitas perusahaan tersebut.

Ada delapan perusahaan tersebut yang digadang-gadang menjadi sponsor Formula E Jakarta yaitu; bank lokal, bank nasional, perusahaan telekomunikasi, perusahaan listrik, perusahaan makanan dan minuman, perusahaan bidang kesehatan, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan otomotif.

Terdapat bank dalam daftar sponsor tersebut. Hanya saja, Sahroni memastikan belum ada bank di bawah naungan BUMN menjadi sponsor agenda ini.

"Belum ada. BUMN kan bank plat merahnya gede-gede ada Mandiri, BNI, BRI, itu belum," kata dia.

Sahroni menyampaikan, pihaknya telah menemui Menteri BUMN, Erick Thohir pada 9 Mei untuk mengajukan proposal. Namun hingga saat ini belum mendapatkan respons.

"Sudah, langsung ke menteri BUMN, Pak Erick Thohir, sudah ngadep juga tanggal 9 Mei, habis Presiden dateng hari Kamis, Senin gue ngadep Pak ET (Erick Thohir) sampaikan proposal, sampai hari ini belum ada feedback," ujarnya.

Sementara itu, Vice Managing Director Formula E, Gunung Kartiko menyampaikan, informasi tentang sponsor akan disampaikan secara berkala. "Minggu depan kita akan sampaikan kembali," ujar Gunung.

Jika sponsor belum ada publikasi, panitia pelaksana mengumumkan bahwa kursi untuk kategori VVIP sudah laku terjual lebih dari 50 persen dari jumlah total 1.500 kursi.

Kemudian untuk kategori VIP, dari total 1.050 sudah habis terjual. Grandstand, dari 10.000 kursi yang disediakan sudah 70 persen terjual. Dan kategori Ancol festival, 40.000 sudah 15 persen terjual.

"Festival sampai saat ini 15 persen dari sini kita bisa melihat bahwa yang beli tiket tidak hanya dari masyarakat Indonesia, 50 persen lebih dari warga negara asing sehingga itu diharapkan bisa membawa devisa," jelas Gunung.

 

 

2 dari 4 halaman

Tak Akan Rugi

Ahmad Sahroni juga menyatakan, pelaksanaan Formula E Jakarta tidak akan merugi. Namun, untuk mendapatkan keuntungan berlebih pun tidak mungkin.

"Skala bisnis, tidak mungkin bisnis merugi, enggak mungkin. Tapi kalau untuk mendapatkan keuntungan lebih, itu pun enggak mungkin karena ini tahapannya baru pertama," kata Sahroni.

Dia menekankan, penonton Formula E justru mendapatkan keuntungan menikmati wahana yang ada di Ancol. Terkecuali Faunaland dan Gondola.

"Pokoknya gini, Ancol dibayar masuk kan? Semuanya punya kepentingan, semuanya punya benefit, benefitnya gua enggak perlu jelasin, itu dapurnya bisnis," tandasnya.

Terlepas keuntungan dari pelaksanaan Formula E Jakarta yang dijadwalkan digelar pada 4 Juni 2022, Sahroni berharap, konstruksi kegiatan acara ini dapat berjalan sesuai harapan.

Momen Formula E di Jakarta menurut Sahroni juga sebagai ajang unjuk gigi Jakarta dalam taraf internasional.

 

 

3 dari 4 halaman

Tiket Sudah Termasuk Wahana Ancol

Vice President Communication Organizing Committee Jakarta E-Prix Iman Syafei memastikan, harga tiket Formula E sudah termasuk wahana yang ada di seluruh kawasan Ancol.

"Tiket semua kelas sudah termasuk semua wahana Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola," kata Iman, Selasa (10/5/2022).  

Namun, Iman belum bisa menyampaikan jumlah tiket yang sudah terjual. Dia memastikan pembangunan trek dan kelengkapan pemasangan grandstand dan jembatan penyeberangan terus dikerjakan.

"Pembangunan dan persiapan masih on the track, kelengkapan seperti grandstand dan jembatan penyeberangan masih proses pemasangan. Infrastruktur pendukung lain juga masih terus dirapikan," ucap Imam.

Panitia penyelenggara telah menjual tiket Formula E pada Minggu 1 Mei 2022. Warga dapat melakukan pembelian tiket melalui situs jakartaeprix.goersapp.com.

Berdasarkan situs tersebut ada empat kategori yang disediakan panitia. Harga tiket tergantung dengan masing-masing kategori.

Untuk kategori VIP dan VVIP dengan sub kategori Jakarta Royal Suite 1 A harga tiket sebesar Rp 10 juta. Nilai ini mencakup hiburan, makanan dan minuman bintang 5 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam.

Pengunjung yang membeli tiket ini juga mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan pemandangan padang rumput lounge ambiens dengan suite lremium ber-AC, tersedia tempat duduk khusus, akses Allianz E-Village, melihat area sirkuit secara langsung, layar LED, mendapatkan akses Ancol Festival, Dufan, pantai festival-festival rekreasi Ancol kecuali faunaland dan gondola, tempat penurunan VIP khusus di gerbang Ancol. Tidak termasuk akses ke lokasi terlarang dan zona yang tidak termasuk di tiket

4 dari 4 halaman

Harga Tiket

Untuk sub kategori Jakarta Deluxe Suite 1B seharga Rp 7,5 juta dengan fasilitas hiburan, makanan dan minuman bintang 4 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam.

Tempat penurunan khusus di pintu masuk JIExpo, untuk mobil pribadi tempat parkir khusus VIP di JIExpo, shuttle khusus dari parkir area JIExpo ke lokasi sirkuit.

Segarra Suite 1C seharga Rp 3 juta dengan fasilitas makanan dan minuman di outdoor area dengan pemandangan pantai, 2 kali coffee break

Jimbaran Suite 1D harga Rp 3 juta dengan fasilitas hiburan fasilitas makanan dan minuman di outdoor area dengan pemandangan pantai, 2 kali coffee break

Ombak Laut Suite 1E harga Rp2 juta dengan fasilitas hiburan makanan dan minuman di outdoor area dengan pemandangan pantai, 2 kali coffee break

Kategori Grandstand Rp 750.000, tersedia tempat duduk, lokasi Grand stand dilengkapi dengan atap, akses Allianz E-Village l, melihat area sirkuit secara langsung, disediakan shuttle bus gratis dari JIExpo Kemayoran, disediakan area parkir di JIExpo.

Circuit Festival, Rp 450.000 dengan akses dekat dengan podium area, hiburan, mendapatkan akses Allianz E-Village, melihat area sirkuit secara langsung, disediakan shuttle bus gratis dari JIExpo, disediakan area parkir di JIExpo.

Ancol Festival, Rp 250.000 dengan fasilitas hiburan di Dufan, Lumba-lumba, Pantai Festival, mendapatkan layar besar. Kategori ini tidak memiliki akses untuk melihat sirkuit tidak memiliki akses untuk Allianz E-Village, tidak memiliki akses ke faunaland dan gondola.

 Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com