Sukses

Bakal Ada Aksi Buruh May Day Fiesta, Warga Diminta Tak Berolahraga di GBK Pagi Ini

Polisi meminta masyarakat tidak berolahraga pagi di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). Hal itu menyusul acara aksi buruh May Day Fiesta.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meminta masyarakat tidak berolahraga pagi di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/5/2022). Hal itu menyusul aksi buruh May Day Fiesta.

"Sebaiknya warga Jakarta dari pagi tidak berolahraga di GBK, karena dari pagi massa buruh sudah akan datang," Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada awak media, dikutip Sabtu (14/5).

Imbauan untuk masyarakat tidak berolahraga di kawasan GBK, lantaran area tersebut nantinya dikabarkan akan dipadati puluhan ribu massa buruh yang akan datang dengan ribuan bus dari luar kota.

"Kurang lebih ada seribuan bus yang akan masuk ke GBK," sebutnya.

Bahkan guna menyiapkan kedatangan peserta, pihak kepolisian telah membuka tiga akses masuk menuju area GBK. Dimana akses tersebut dikhususkan bagi massa buruh yang akan datang.

"Ada tiga pintu yang akan kita gunakan, mulai dari pintu 10 yang TVRI, pintu 7, dan kalau memang kedua pintu itu padat kita akan gunakan pintu 5 yang di seberang," ujar Sambodo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parkir

Sedangkan untuk lahan parkir, lanjut Sambodo, telah menyusun pembagiannya akan ditempatkan sesuai wilayah rombongan buruh.

"Lahan parkir sudah kita siapkan, nanti di kita rencanakan untuk buruh yang berasal dari Jawa Barat artinya yang berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, mungkin Bogor, itu akan kita tempatkan di parkir timur," tuturnya.

"Kemudian untuk buruh yang berasal dari Provinsi Jakarta, buruh Pulogadung dan sekitarnya, itu nanti kita tempatkan di ring road di dalam area GBK. Sedangkan untuk buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya dan sekitarnya, kita akan tempatkan di Cekungan Asia Afrika," tambahnya.

Sementara bagi para buruh yang memakai kendaraan sepeda motor, bisa memarkirkan kendaraannya di lapangan parkir ABC dan Akuatik. Sedangkan untuk kendaraan pribadi kita akan tempatkan di lapangan parkir Istora Senayan.

3 dari 3 halaman

Estimasi Puluhan Ribu

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena menyampaikan jika pihaknya memprediksi acara May Day Fiesta akan dihadiri puluhan ribu peserta.

"Ya jam 09.30 WIB ada sebagian massa sekitar 10 ribu ke depan DPR untuk menyuarakan aspirasinya," kata Andi saat dikonfirmasi, Sabtu (14/5).

Setelah menggelar aksi di depan gedung DPR/MPR, lanjur Andi, para buruh akan kembali melanjutkan aksi di GBK untuk bergabung bersama peserta aksi lainnya dalam gelaran May Day Fiesta.

"Hanya satu jam saja (aksi di depan DPR), setelah itu kita akan long march dari DPR ke GBK. Karena kita khawatir kalau sampai 60 ribu orang yang hadir di jalan (di depan DPR), itu akan sangat mengganggu masyarakat," sambungnya.

Adapun tercatat empat elemen buruh yang akan hadir diantaranya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.