Sukses

Menhan Prabowo Subianto ke Vietnam: Banyak Ruang Kerja Sama yang Dijajaki

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertolak ke Vietnam untuk melakukan kunjungan kerja. Dalam kesempatan itu, dia pun langsung menemui Menhan Vietnam Jenderal Phan Văn Giang.

Berdasarkan keterangan yang diterima, Prabowo disebut diterima dengan hangat oleh Menhan Vietnam, yakni dengan digelarnya upacara jajar kehormatan.

Prabowo menilai, pertemuan bilateral tingkat menteri ini sebagai forum sangat penting bagi kedua negara untuk berkomunikasi, dalam meningkatkan kerja sama pertahanan yang telah terjalin baik selama ini.

Menurut Ketua Umum Gerindra ini, banyak ruang yang bisa dijajaki dalam membangun kerja sama antara Indonesia dengan Vietnam.

"Saya melihat masih banyak ruang yang bisa dijajaki," kata Prabowo dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Adapun ruang kerja sama yang dijajaki menurut dia, diantaranya membangun rasa saling percaya sesama negara ASEAN dan meningkatkan kerja sama angkatan bersenjata.

"Serta pengembangan sektor industri pertahanan kedua negara," ungkap Prabowo.

Melalui pertemuan ini Prabowo berharap, kedua negara dapat saling bertukar pandangan dan pengalaman yang meliputi bidang kerja sama pertahanan, isu-isu regional maupun Internasional.

"Untuk mendukung kepentingan nasional Indonesia dan Vietnam sebagai negara sahabat yang sama-sama pernah melawan imperialisme," kata Prabowo.

Dia pun meyakini, pertemuan ini akan berkontribusi bagi peningkatkan kerja sama kedua negara sahabat.

"Dalam membangun dan menjaga stabilitas regional maupun global," kata Prabowo.

 

2 dari 3 halaman

Bertemu Perwakilan Singapura

Sebelumnya, pada Selasa 10 Mei 2022, Prabowo menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Singapura, Brigadier General David Neo.

Dalam pertemuan ini, Prabowo mengharapkan kerja sama serta persahabatan antara Indonesia dan Singapura dapat terus dipertahankan dalam semangat persaudaraan juga prinsip saling menghormati.

"Kerja sama pertahanan antara kedua negara dapat dikembangkan di sektor lain, seperti industri pertahanan dan pertahanan siber," kata dia.

Prabowo juga menyambut baik kunjungan Pimpinan Angkatan Darat Singapura yang merupakan lulusan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Indonesia ini. Hal ini sekaligus menandai kualitas Seskoad diakui Angkatan Bersenjata Singapura.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman beserta jajaran TNI Angkatan Darat, dan Wakil Menteri Pertahanan RI, M. Herindra.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Terima Kunjungan Dubes Vietnam

Diketahui, Prabowo telah meenerima kunjungan Duta Besar Republik Sosialis Vietnam yang baru untuk Indonesia H.E. Mr. Ta Van Thong, di Kemhan, Jakarta, para Rabu 27 April 2022.

Dalam kesempatan kunjungan perkenalan ini, dia berharap kerja sama pertahanan antara Vietnam dan Indonesia yang telah terjalin baik dapat terus ditingkatkan.

"Kerja sama pertahanan dan persahabatan yang didasari semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati ini, diharapkan dapat terus ditingkatkan," kata Prabowo.

Adapun Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Vietnam telah ditandatangani sejak 27 Oktober 2012 dan diratifikasi pada tahun 2016, dengan lingkup kerja sama meliputi saling kunjung pejabat Kemhan dan petinggi Angkatan Bersenjata, konsultasi reguler tentang masalah pertahanan yang menjadi perhatian bersama.

Kemudian kerja sama antara Angkatan Bersenjata kedua negara, pendidikan dan latihan, pertukaran intelijen militer, kerja sama penelitian dan pengembangan teknologi industri pertahanan serta kerja sama lainnya di area yang disepakati bersama.

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com