Sukses

Transjakarta Siap Antar Pemudik yang Tiba di Terminal Pulogebang ke Terminal Lain

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan layanan gratis yang tersedia di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Layanan ini tersedia selama dua hari mulai 7-8 Mei 2022 untuk menyambut kedatangan pemudik Lebaran 2022.

Pemudik nantinya akan diantar dari Terminal Pulogebang menuju ke enam terminal lainnya yakni Terminal Senen, Terminal Tanjung Priok, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pasar Minggu, Terminal Kalideres, dan Terminal Pulo Gadung.

"Untuk malam ini kami menyediakan layanan shuttle khusus bagi pemudik reguler yang tiba di Terminal Pulogebang. Layanan shuttle ini point to point jadi langsung ke titik antar," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR Transjakarta, Iwan Samariansyah di Jakarta, Sabtu 7 Mei 2022.

Layanan ini diperuntukan secara khusus bagi masyarakat mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Diharapkan, bus gratis bisa memudahkan pemudik yang baru kembali ke Jakarta. "Layanan ini diharapkan bisa mempermudah pemudik yang yang ingin menuju ke rumah masing-masing," kata dia.

Adapun layanan shuttle ini beroperasi mulai pukul 22.00 - 06.00 WIB. Transjakarta menyediakan 11 unit bus tipe Low Entry untuk melayani pelanggan tanpa dikenakan biaya atau gratis.

"Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang Transjakarta bisa mengakses media sosial Transjakarta di Twitter: @PT_Transjakarta dan Instagram: @pt_transjakarta. Serta gunakan selalu aplikasi TIJE untuk mendukung mobilitas," pungkas Iwan

2 dari 4 halaman

Transjakarta Perpanjang Layanan Bus Wisata hingga 11 Mei 2022

PT Transjakarta memperpanjang layanan bus wisata gratis hingga Rabu 11 Mei 2022 dari jadwal sebelumnya, 8 Mei 2022.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta Iwan Samariansyah mengatakan perpanjangan layanan bus wisata gratis itu untuk merespon animo masyarakat yang tinggi.

"Dalam tiga hari tercatat sebanyak 17.524 pelanggan menggunakan layanan bus wisata gratis ini. Angka ini diprediksi akan terus mengalami kenaikan terutama di akhir pekan," kata Iwan di Jakarta, Jumat (6/4/2022).

Iwan menambahkan bahwa Transjakarta menyediakan sebanyak delapan unit bus wisata gratis dengan kapasitas maksimal hingga 80 penumpang. Bus wisata gratis tersebut juga memiliki desain ramah untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

"Tidak diperkenankan ada pelanggan yang berdiri sehingga bisa merasa aman dan nyaman," ujar Iwan.

Iwan mengatakan pelanggan dapat menikmati layanan bus wisata gratis tersebut mulai pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB. Meski gratis, pelanggan akan diberikan tiket sobek (tiso) sebelum memasuki armada bus.

Diberitakan sebelumnya, PT Transjakarta mengoperasikan bus wisata dalam rangka memeriahkan libur Lebaran 1443 Hijriah.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR, Iwan Samariansyah mengatakan, operasional bus wisata itu mulai 3 - 8 Mei 2022. Ada dua layanan bus wisata yakni rute Jakarta Baru (BW2) dan rute Pencakar Langit (BW4).

"Dalam rangka memeriahkan libur Lebaran ini, kami menghadirkan kembali dua layanan bus wisata untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin berwisata ke lokasi-lokasi yang dilayani kedua rute tersebut," kata Iwan Samariansyah di Jakarta, Selasa (3/5/2022), dikutip dari Antara.

3 dari 4 halaman

Transjakarta Bongkar 9 Halte untuk Revitalisasi Mulai Jumat 15 April 2022

Transjakarta mulai merevitalisasi 11 halte. Sebanyak sembilan halte akan dibongkar secara bertahap pada, Jumat tengah malam (15/4/2022).

Plt Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Angelina Betris selaku menyampaikan, ke-11 halte bus Transjakarta yang akan dilakukan revitalisasi ialah Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Juanda.

Kemudian Halte Cawang Cikoko, Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Kebon Pala, Halte Kwitang, Halte Balai Kota, Halte Gelora Bung Karno (GBK), dan Halte Stasiun Jatinegara 2.

"Pembongkaran halte akan dilakukan secara bertahap pada 9 halte, karena Halte Kwitang dan Halte Balai Kota sudah dilakukan sebelumnya sehingga bisa langsung lanjut proses pembangunan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Betris mengatakan, 11 halte ini adalah bagian dari 46 halte yang akan direvitalisasi oleh Transjakarta pada tahun 2022. Selama dalam proses konstruksi, guna menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan, ke 11 halte tersebut akan ditutup secara total.

Sebagai alternatifnya, Transjakarta telah menyiapkan 2 rute shuttle Bus yang akan melayani pelanggan, baik dari maupun menuju bus stop terdekat dari halte yang sedang dilakukan revitalisasi.

Adapun dua layanan shuttle bus tersebut adalah rute Bank Indonesia (BI) – Bundaran Senayan yang beroperasi di koridor 1, dan rute Pecenongan – Juanda di koridor 2.

"Shuttle bus akan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB, atau mengikuti kebijakan PPKM yang berlaku," imbuh Betris.

Betris mengatakan, rutte shuttle bus tetap bertarif normal Rp 3500,- dengan cara melakukan tapping di dalam bus sebagai alat bayarnya.

Sebagai informasi, proses konstruksi revitalisasi halte ini akan berlangsung sekitar 6 bulan dan halte akan difungsikan kembali secara bertahap sampai dengan diselesaikan secara keseluruhan pada Desember 2022.4 dari 4 halaman

4 dari 4 halaman

Setiap Halte Transjakarta yang Direvitalisasi Akan Ada Musala dan Toilet

Sebanyak 46 halte Transjakarta akan direvitalisasi pada Jumat 15 April. Fasilitas yang dipastikan ada di setiap halte Transjakarta usai revitalisasi yaitu, musala dan toilet.

"Fasilitas lebih banyak, kami menyediakan toilet umum maupun musala di setiap halte," ujar Direktur Teknik dan Digital Transjakarta, Indrayana, Rabu malam 13 April 2022.

Dia menyampaikan, garis besar utama revitalisasi 46 halte Transjakarta yaitu memberikan rasa nyaman dan mengubah sudut pandang layanan fasilitas umum, kepada masyarakat.

Indra juga menyebutkan bahwa konsep halte yang akan direvitalisasi yakni konsep ruang terbuka. Meski halte-halte yang ada saat ini sudah mengusung konsep terbuka, namun pada revitalisasi ini, Pemprov DKI melalui BUMD PT Transjakarta ingin menguatkan konsep tersebut dengan tujuan agar masyarakat dapat beralih ke transportasi publik.

Kenyamanan layanan transportasi publik, juga ditujukan untuk para disabilitas.

"Kita jamin disabilitas terlayani dengan kondisi optimal, yang barangkali di beberapa halte lama belum bisa terlayani dengan baik," ujarnya.