Sukses

Top 3 News: Saat Aktivitas Gunung Anak Krakatau dalam Pantauan di Tengah Libur Lebaran

Polda Banten memantau perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang sempat beberapa kali erupsi agar wisatawan merasa aman dan nyaman saat berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Gunung Anak Krakatau (GAK) kini dalam pantauan Polda Banten mengingat menjadi salah satu destinasi wisata di tengah libur Lebaran 2022. 

Aktivitas Anak Krakatau tersebut juga turut dalam pantauan, karena sebelumnya sempat beberapa kali mengalami erupsi. Menyikapi hal ini, pengunjung diminta waspada dan terus mentaati protokol kesehatan saat berkunjung lokasi wisata tersebut. 

 

Berita terpopuler kedua di top 3 news masih terkait destinasi wisata di Tanah Air yang banyak dikunjungi wisatawan di tengah libur Lebaran. 

Pada hari kedua Lebaran kemarin, sejumlah lokasi wisata di Ibu Kota dipadati warga yang ingin menikmati momen liburan bersama keluarga. Dari mengunjungi museum hingga mal dan kulineran ramai didatangi warga.

Meski banyak pihak pengelola wisata yang menerapkan tiket masuk melalui online, antuasisme warga Ibu Kota tak berkurang. Bahkan angka pengunjung terbilang melonjak. Salah satunya terjadi antrean panjang di pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah hingga 1 kilometer, Selasa, 3 Mei 2022 kemarin.

Sementara itu, skema ganjil genap dan one way akan tetap diberlakukan saat arus balik Lebaran 2022. Hal ini ditegaskan Presiden Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 3 Mei.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 3 Mei 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libur Lebaran, Polisi Monitor Aktivitas Gunung Anak Krakatau

Wisatawan diprediksi akan mulai mendatangi sejumlah destinasi di wilayah Banten, seperti Anyer, Carita, Sawarna maupun Tanjung Lesung untuk libur lebaran 2022 bersama keluarga. Sebanyak 509 personel gabungan diterjunkan menjaga objek wisata yang ada di Banten.

Polda Banten juga akan memantau perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di perairan Selat Sunda, agar wisatawan merasa aman dan nyaman saat berlibur. Selain itu, masyarakat diminta aktif menerapkan prokes, seperti menggunakan aplikasi PeduliLindungi.  

"Prioritas pada keselamatan masyarakat, Polda Banten akan memonitor informasi aktivitas Gunung Anak Krakatau dan pengunjung agar tetap waspada bencana," kata Kabid Humas Polda Banten Shinto Silitonga, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (3/5/2022).

Sementara itu, khusus personel Polres Cilegon untuk memberitahu juru parkir dan pengelola wisata pantai agar menata kendaraan yang parkir dengan tertib dan rapih. Kemudian, parkir liar yang menghambat lalu lintas harus ditertibkan.

"Polres Cilegon segera apelkan tukang parkir kawasan Anyer-Carita dan ajarkan tentang kantong parkir mana yang boleh digunakan dan lokasi mana yang tidak dapat digunakan untuk parkir, intinya jangan sampai parkir liar menghambat arus lalu lintas," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto, Selasa.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Hari Kedua Lebaran, Ini Deretan Tempat Wisata DKI Jakarta yang Dibuka untuk Pengunjung

Setelah lebaran pertama diisi dengan bersilaturahmi kepada keluarga dan handai taulan, pada hari kedua Idul Fitri 1443 H biasanya menjadi momen warga untuk mengunjungi tempat wisata. Bagi yang tidak mudik, Pemprov DKI Jakarta telah membuka layanan tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Tempat wisata yang bisa mengisi libur lebaran ini bervariasi, mulai dari museum hingga taman rekreasi.

"Kita punya museum, taman, hutan kota, taman rekreasi, taman margasatwa, pusat perbelanjaan, dan tempat kuliner," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (3/5/2022).

Berikut daftar tempat wisata di Jakarta:  

Museum

Bisa dikunjungi mulai Selasa (3/5/2022) pukul 09.00-15.00 WIB di antaranya yaitu: Museum Joang '45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Tekstil, Museum Modern and Art Contemporary Art in Nusantara (MACAN).

Kemudian, Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Nasional, Museum Wayang, Museum Layang-Layang, Museum Pulau Onrust, Museum Bahari.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Jokowi: Ganjil Genap hingga One Way Akan Tetap Diberlakukan saat Arus Balik Lebaran 2022

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan tetap memberlakukan kebijakan ganjil genap hingga aturan one way atau satu arah saat puncak arus balik Lebaran 2022. Hal ini untuk mencegah kemacetan dan pemudik nyaman saat kembali dari kampung halaman.

"Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," kata Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

Menurut dia, puncak arus balik mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada tanggal 6 sampai 8 Mei 2022. Jokowi pun mengajak masyarakat kembali lebih awal agar untuk menghindari kemacetan.

"Saya mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara, yang melakukan perjalanan pribadi agar kembali lebih awal, atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujar dia.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa mudik Lebaran 2022 ini diikuti oleh begitu banyak orang. Setidaknya, kata Jokowi, ada 85,5 juta orang yang melakukan perjalanan mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.