Sukses

Polisi Ingatkan Pemudik Ada 23 Gerbang Tol Rawan Macet

Polisi kembali mengingatkan para pemudik Lebaran 2022 bahwa ada sebanyak 23 Gerbang Tol (GT) yang menjadi titik rawan kemacetan. Sejumlah langkah pun turut disiapkan oleh petugas yang berada di lokasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi kembali mengingatkan para pemudik Lebaran 2022 bahwa ada sebanyak 23 Gerbang Tol (GT) yang menjadi titik rawan kemacetan. Sejumlah langkah pun turut disiapkan oleh petugas yang berada di lokasi tersebut.

Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Chrysnanda Dwilaksana menyampaikan, beberapa upaya yang menjadi fokus petugas untuk membantu kelancaran keluar masuk GT saat arus mudik, yakni dengan membuka gate satelit, menambah mobile raider, juga kanalisasi.

"Pengalihan arus dan mengimbau masyarakat untuk mengisi card tol dengan nilai yang cukup," jelas Chrysna kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Sementara untuk jalur arteri, upaya petugas mengurai kepadatan arus mudik Lebaran antara lain dengan rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap, buka tutup, alih arus, pengaturan parkir, hingga one way sepenggal.

Beberapa titik yang menjadi perhatian polisi seperti kawasan wisata, perlintasan KA sebidang, pasar tumpah, termasuk kondisi seperti perbaikan jalan, bencana alam, juga parkir bahu jalan.

"Pengaturan patroli, monitoring NTMC, RTMC, TMC melalui peta digital dan petugas lapangan, gatur pada lokasi rawan macet oleh tim urai serta tim kontijensi bila ada hal yang bersifat emergency," kata Chrysna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Gerbang Tol Rawan Macet

Adapun 23 titik Gerbang Tol rawan kemacetan adalah sebagai berikut:

1. Cikupa

2. Merak

3. Halim

4. Cikunir 2-6

5. Cikampek Utama

6. Kali Hurip Utama

7. Palimanan

8. Cileunyi

9. Padalarang

10. Pasteur

11. Ciawi

12. Pejagan

13. Brebes

14. Pemalang

15. Kalikangkung

16. Krapyak

17. Banyumanik

18. Kejapanan

19. Singosari

20. Pandaan

21. Sidoarjo 2

22. Porong Sidoarjo

23. Gunung Sari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.