Sukses

Urai Kepadatan Arus Mudik Kendaraan Menuju Jakarta, Contraflow Jadi 3 Lajur di Tol Japek

Memasuki puncak arus mudik Lebaran 2024, Minggu (14/4) malam, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan penambahan kapasitas lajur contraflow menjadi 3 lajur dari KM 66 s.d KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki puncak arus mudik Lebaran 2024, Minggu (14/4) malam, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan penambahan kapasitas lajur contraflow menjadi 3 lajur dari KM 66 s.d KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai pukul 20.08 WIB.

VP Corporate Secretary and Legal, Ria Marlinda Paallo mengatakan hadirnya 3 lajur contraflow bertujuan mengurai kepadatan arus lalu lintas kendaraan.

“Sebelumnya sempat dilakukan perpanjangan contraflow 1 lajur dari KM 47 s.d KM 36 arah Jakarta Ruas Jolan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 19.55 WIB. Kemudian juga/3’pat dilakukan contraflow 2 lajur dari KM 70 s.d KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 13.14 WIB. Semua dilakukan atas diskresi dari pihak Kepolisian,” jelas Ria seperti dikutup dari siaran pers, Minggu (14/4/2024).

Ria memastikan, saat ini terpantau volume lalu lintas kendaraan yang kembali dari arah Trans Jawa pada Ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek semakin meningkat. Dia mengimbau untuk memastikan pengemudi dalam kondisi prima, tidak membawa penumpang dan barang melebihi batas muatan.

“Pengendara juga agar tidak masuk kelajur contraflow apabila dalam kondisi lelah dan segera beristirahat di rest area terdekat,” saran dia.

Ria menegaskan, kepada pengendara yang masuk lajur contrflow agar tidak mendahului kendaraan lainnya dan dilaran berkendara secara zigzag serta menyalakan lampu kendaraan pada siang hari saat memasuki lajur contraflow.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Saldo Uang Elektronik Cukup

“Selanjutnya agar pengguna jalan juga dapat memastikan saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” Ria menandasi.

Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.