Sukses

Banyak Kendaraan Alami Kehabisan BBM di Tengah Jalan Saat Arus Balik Lebaran 2024

Pemudik diharapkan dapat memastikan kecukupan BBM secara berkala, khususnya setiap berhenti di rest area.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan diri dan kendaraan saat melakukan perjalanan jarak jauh mudik lebaran 2024. Pasalnya, banyak ditemukan kendaraan yang kehabisan Bahan Bakar Minyak atau BBM di tengah perjalanan arus balik.

“Pada periode arus balik ini, kami mencatat sejumlah permintaan bantuan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 karena kehabisan BBM akibatnya kendaraan tersebut berhenti di bahu jalan, bahkan ada yang berhenti di lajur contraflow," tutur Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Pemudik diharapkan dapat memastikan kecukupan BBM secara berkala, khususnya setiap berhenti di rest area. Jasa Marga turut bekerja sama dengan Pertamina dalam rangka menyediakan motoris yang bersiaga mengantarkan BBM ke pengguna jalan yang kehabisan bahan bakar

“Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat aktif mencari informasi mengenai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan arteri yang dekat dengan akses keluar jalan tol sebagai alternatif apabila rest area di jalan tol dilakukan buka tutup karena penuh,” kata Faiza.

Diketahui, Pertamina bergerak cepat memasok kebutuhan untuk sejumlah kendaraan yang kehabisan bahan bakar minyak alias BBM saat arus balik. Hal itu terjadi di jalur contraflow Tol Jakarta-Cikampek (Japek), yakni sekitar KM 70 hingga KM 40 arah Jakarta. 

 

 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyampaikan, pihaknya memasok kebutuhan BBM ke sejumlah kendaraan yang berhenti di jalur contraflow menggunakan motoris. Tim SPBU juga membantu memenuhi kebutuhan BBM melalui kemasan.

“Tim Pertamina Patra Niaga turun langsung, tidak hanya motoris, tapi juga tim SPBU membawa galon BBM dengan pengawalan aparat,” tutur Irto dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motoris Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan BBM di Jalan

 

Selama periode 5-14 April, motoris BBM telah melayani 37 panggilan yang tersebar di beberapa wilayah seperti MOR I, MOR III, dan MOR IV. 

Adapun rincian pemesanan BBM menggunakan motoris yakni di MOR I Pertamax 20 liter, MOR III Dexlite 10 liter, Pertamax 140 liter, dan Pertamina Dex 50 liter, kemudian di MOR IV Pertamax 45 liter.

“Motoris Pertamina senantiasa siap dan sigap memenuhi kebutuhan BBM di jalan,” jelas dia.

Pertamina pun mengimbau pengendara untuk memastikan BBM terpenuhi selama arus balik. “Sehingga perjalanan kembali ke rumah bisa lancar dan cepat,” kata Irto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.