Sukses

Gabung ke Kubu Prabowo-Gibran, Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan PKB

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (Ketum PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menitipkan delapan agenda perubahan PKB ke Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (Ketum PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menitipkan 8 agenda perubahan PKB ke Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Cak Imin usai bertemu dengan Prabowo secara tertutup di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu 24 April 2024.

"Tadi PKB juga menyampaikan kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih, 8 agenda perubahan PKB, di mana 8 agenda PKB diserahkan kepada 08," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, hal itu menjadi tanda, PKB sudah memastikan langkah merapat ke kubu pemerintahan Prabowo-Gibran di kepemimpinan periode 2024-2029. Saat disinggung lebih detilnya, mantan calon wakil presiden ini pun menjawabnya dengan bahasa khas Jawa Timurnya.

"Lha wes cetho welo-welo kok masih ditanyakan?," jawab Cak Imin dengan gaya khas Jawa Timurnya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis 25 April 2024.

Lalu apa saja delapan agenda yang sudah dititipkan Cak Imin ke Prabowo?

Mengutip informasi disampaikan di akun Instagram resmi PKB, Minggu (28/4/2024) delapan agenda tersebut terkait gerakan perubahan yang pada kontestasi Pemilu 2024 disuarakan bersama Anies Baswedan.

Berikut delapan agenda perubahan tersebut:

1. Merawat dan Memperkuat Kualitas Demokrasi

2. Menjamin Kebebasan Rakyat Berbicara dan Mengkritik

3. Menjamin Kebebasan Pers Sebagai Pilar ke-4 Demokrasi

4. Memperluas Kesempatan Berusaha dan Menciptakan Lapangan Kerja

5. Mewujudkan Upah Berkeadilan dan Menjamin Akses Pemerataan Ekonomi

6. Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup dan Keseimbangan Ekosistem

7. Mewujudkan Keadilan Ekologis Berkelanjutan

8. Mengedepankan Etika Lingkungan dan Pembangunan

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelar Karpet Merah, Cak Imin Sambut Prabowo Subianto di Kantor DPP PKB

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambut kedatangan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu 24 April 2024.

Kehadiran Prabowo disambut dengan gelaran karpet berwarna merah di markas PKB dan beberapa jajaran petinggi dari PKB.

Dari pantauan merdeka.com, Cak Imin tiba lebih dulu sekitar pukul 12.58 WIB di Kantor DPP PKB usai menghadiri rapat pleno penetapan presiden-wakil presiden 2024-2029 di Kantor KPU RI.

Prabowo pun tiba sekitar 14.00 WIB dengan mengenakan pakaian berwarna putih dan celana hitam ditambah dengan peci hitam.

Cak Imin yang mengenakan pakaian serupa dengan Prabowo pun menyambut langsung di depan mobil Prabowo.

Keduanya pun langsung bersalaman, berpelukan dan saling cipika-cipiki. Mereka saling tersenyum sambil mengepalkan tangan bersama menghadap ke awak media.

Prabowo hanya mengucapkan terima kasih kepada awak media yang telah menanti kehadirannya.

"Terima kasih," kata Prabowo.

Mereka pun langsung masuk ke dalam ruangan pertemuan didampingi dengan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani hingga Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

 

3 dari 3 halaman

PKB Siap Buka Lembaran Baru

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siap membuka lembaran baru dengan Partai NasDem, usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. Cak Iminmeyakini kerja sama dan kekuatan partai politik sangat dibutuhkan untuk kemajuan Indonesia.

"PKB dan NasDem akan bekerja sama dalam semua aspek. Tentu lembaran baru yang kita harapkan adalah apapun masa depan bangsa kita ini membutuhkan kerja sama yang sungguh-sungguh dari kekuatan partai-partsi politik baik di legislatif, di lingkup pendidikan politik masyarakat, maupun di ruang-ruang agenda politik nasional," kata Cak Imin usai bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower Jakarta, Selasa 23 April 2024.

Dia pun membuka kemungkinan PKB bekerja sama dan berkoalisi dengan Partai NasDem di Pilkada Serentak 2024. Hanya saja, Cak Imin mengaku belum ada pembicaraan detail antara PKB dan NasDem terkait hal ini.

"Bisa saja termasuk Pilkada. Belum tahu di mana Pilkada, kita belum bahas, tapi bisa saja Pilkada menjadi salah satu ruang kerjasama lembaran baru PKB-NasDem," ujarnya.

"Pilkada adalah salah satu agenda kita, tapi belum tahu di mana kita kerja sama," imbuh Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.