Sukses

Doa Buka Puasa Ramadhan, Dibaca Sesudah atau Sebelum Berbuka Puasa?

Saat berbuka puasa ada etika yang perlu diperhatikan, salah satunya dengan membaca doa buka puasa Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Saat menjalankan puasa Ramadhan, momen berbuka merupakan hal yang ditunggu setelah menahan lapar dan haus sepanjang hari. Namun, pada saat berbuka puasa ada etika yang perlu diperhatikan, salah satunya dengan membaca doa buka puasa Ramadhan

Seperti dikutip dari laman islam.nu.or.id, dalam doa yang dibacakan untuk berbuka sejatinya terdapat beberapa versi. Seperti dari hadis riwayat sahabat Mu’adz bin Zuhrah dan Hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah bin’Umar.

Namun, bagi umat Islam di Indonesia, doa dari kedua hadis tersebut digabung menjadi satu dan dibaca sebelum berbuka puasa.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ

Artinya, "Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksud Baca Doa Buka Puasa Setelah Selesai Berbuka

Mengenai tata cara pembacaan doa ini, doa berbuka puasa paling benar apabila dibacakan setelah berbuka puasa. Hal ini sesuai dengan kitab Hasyiyah I’anah at-Thalibin dikutip dari laman Nu Online:

ـ (وقوله: عقب الفطر) أي عقب ما يحصل به الفطر، لا قبله، ولا عنده

"Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka," (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

Maksud doa berbuka puasa dibacakan setelah selesai berbuka puasa ialah agar mendapat kesunahan yang sempurna dalam membaca doa tersebut. 

 

Rifqy Sakti Pratama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.