Sukses

Densus 88 Polri Sebut 16 Terduga Teroris Jaringan NII Berniat Gulingkan Pemerintahan

16 terduga teroris jaringan NII yang ditangkap Densus 88 di wilayah Sumbar juga berkeinginan mengubah Pancasila dengan ideologi syariat Islam secara kaffah.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Densus 88 Antiteror Polri menyatakan bahwa 16 terduga teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII) yang ditangkap di Sumatera Barat (Sumbar) berniat menggulingkan pemerintahan yang sah.

"Memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau atau chaos," tutur Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Senin (28/3/2022).

Menurut Aswin, para terduga teroris jaringan NII itu juga berkeinginan mengubah Pancasila dengan ideologi syariat Islam secara kaffah. Mereka pun terlibat dalam berbagai kegiatan rutin pelatihan militer alias i'dad.

"Merencanakan persiapan logistik berupa persenjataan," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Anak-Anak di Bawah Umur

Selain itu, 16 terduga teroris itersebut juga aktif melakukan rekrutmen anggota secara masif di wilayah Sumatera Barat. Bahkan turut melibatkan anak-anak di bawah umur.

"Terhubung dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Bali," Aswin menambahkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.