Sukses

Guru Besar Hukum Tata Negara Unpar Asep Warlan Yusuf Meninggal Dunia

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Parahyangan (Unpar) Profesor Asep Warlan Yusuf mengembuskan napas terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Parahyangan (Unpar) Profesor Asep Warlan Yusuf mengembuskan napas terakhir. Dia meninggal dunia pada Selasa (15/3/2022) pukul 11.30 WIB.

Melalui akun instagramnya, pihak Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengkonfirmasi berpulangnya Asep Warlan Yusuf. 

Rektor Unpar Mangadar Situmorang mengungkapkan dukacitanya atas kepulangan Asep Warlan. Dia menuturkan, pihak kampus kehilangan besar atas kepergian Asep Warlan Yusuf yang juga dikenal sebagai pakar hukum tata negara.

"Prof Asep merupakan seorang guru besar, intelektual, dan cendekiawan ilmu hukum yang sangat cerdas, piawai, sekaligus sangat bersahabat. Beliau merupakan figur cendekiawan yang tidak saja berkutat dengan tugas pengajaran dan pendidikan," kata Mangadar dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022), seperti dikutip dari akun instagram unparofficial.

Dia mengatakan, bagi Unpar, Asep Warlan Yusuf adalah guru dan sekaligus sahabat, baik bagi sesama dosen, tenaga kependidikan maupun para mahasiswa.

"Dengan pengetahuannya yang sangat luas, yang ditandai dengan kecintaannya pada budaya leluhur kesundaannya, serta kepribadiannya yang sangat hangat dan bersahabat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pribadi Ceria dan Muslim Soleh

"Prof Asep selalu tampil sebagai pribadi yang selalu ceria, suka ngabodor, bercanda. Pribadi yang luar biasa. Dengan gayanya yang sangat khas, perbedaan pendapat atau bahkan pertentangan pandangan yang sangat tajam bisa segera diredakan dan menjadi cair. Sebagai seorang muslim yang sangat soleh, Prof Asep juga menunjukkan keteladanan kemanusiaan yang luar biasa, khususnya dalam menghargai perbedaan," ujar Mangadar.

Dia mengatakan, setiap orang yang mengenal beliau dengan baik, akan sangat merasa kehilangan.

"Selamat jalan Prof Asep Warlan. Terima kasih atas kebaikan dan keteladanan kecendekiawanan dan kemanusiaan. Semoga bapak beristirahat damai di surga," tutur Rektor.

 

3 dari 3 halaman

Sosok Konsisten

Mantan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif pun turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya ahli Hukum Tata Negara itu. Laode mengenal sosok Asep Warlan sebagai akademisi yang konsisten dalam bersikap.

"Sangat-sangat berduka. Kehilangan sahabat, teman diskusi yang hangat, pengajar hukum lingkungan yang konsisten dalam bersikap. Alfatihah Prof Asep Warlan Yusuf, Semoga mendapatkan Surga Jannatun Na’im," kata dia melalui akun twitternya.

"Kami sangat berduka @kemitraan_ind @ICEL_indo @UNPARofficial @KemenLHK," tulis dia.

Menurut informasi yang dihimpun, Asep Warlan wafat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.