Sukses

Profil Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Istana telah mengonfirmasi penunjukkan mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono, sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Istana telah mengonfirmasi penunjukkan mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono, sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Pelantikan Bambang Susantono akan digelar hari ini, Kamis (10/3/2022) dan disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden.

Sosok Bambang bukan orang baru di dunia pemerintahan. Sebelum ditunjuk sebagai Kepala Otorita IKN, ia sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II, tahun 2010-2014.

Bambang adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB). Pria kelahiran 4 November 1963 ini mengawali karier di Departemen Pekerjaan Umum. Kemudian pada 1996, Bambang kemudian melanjutkan pendidikan lanjutan di Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat dan mendapat gelar master tata kota dan wilayah.

Selanjutnya, Bambang menjadi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) pada 2004 sampai 2010.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jabat VP ADB

Di tingkat Internasional, ia pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS). Selain itu, dia sampai saat ini masih menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation.

Usai tidak lagi menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, Bambang menjabat sebagai Vice President Asian Development Bank (ADB).

Sebelumnya, Kepala Sekeretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan konfirmasi awak media, seputar penunjukkan mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

 

3 dari 3 halaman

Dilantik Bersama Wakilnya

"Untuk posisi Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh Bambang Susantono," tulis Heru dalam keterangan diterima, Kamis (10/3/2022).

Heru menambahkan, Bambang akan dilantik bersama wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Dhony Rahajoe oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada sore nanti.

"Dilantik sore ini pukul 15.00 WIB," jelas Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.