Sukses

Sempat Ricuh hingga Adu Jotos, Munas AMPI Pilih Jerry Sambuaga Jadi Ketum

Munas AMPI sempat diwarnai kericuhan hingga adu jotos sesama peserta organisasi sayap Partai Golkar itu. Kericuhan sendiri diketahui terjadi di luar arena Munas AMPI.

Liputan6.com, Jakarta - Musyawarah Nasional (Munas) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) IX yang berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat, memilih Jerry Sambuaga sebagai Ketua Umum baru, Senin (7/3/2022).

Namun, Munas AMPI sempat diwarnai kericuhan hingga adu jotos sesama peserta organisasi sayap Partai Golkar itu. Kericuhan sendiri diketahui terjadi di luar arena Munas AMPI.

Wakil Menteri Perdagangan atau Wamendag Jerry Sambuaga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2022-2027. AMPI adalah organisasi masyarakat sayap yang berdiri dalam struktur tubuh Partai Golkar.

"Ini adalah perjuangan kita bersama. Selanjutnya ke depan kita semua akan melanjutkan apa yang telah dicapai oleh kepemimpinan sebelumnya dan menyempurnakan apa yang sudah berjalan," pesan Jerry usai resmi menjadi ketua, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Selasa (8/3/2022).

Jerry menambahkan, Munas IX AMPI berjalan dengan penuh dinamika. Namun menurut dia, hal itu adalah keniscayaan yang akhirnya menjadi sebuah kesepakatan dan bisa diterima oleh semua pihak.

"Dinamika dalam sebuah organisasi adalah hal yang biasa. Apalagi dalam sebuah organisasi sebesar AMPI. Yang terpenting saat ini adalah kita semua bersatu membangun AMPI sekaligus memenangkan Partai Golkar di pemilihan umum," tutur Jerry.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinamika Munas IX AMPI

Sebagai informasi, Jerry Sambuaga terpilih usai ditetapkan sebagai calon tunggal. Hal itu dikarenakan, calon yang sebelumnya mendaftar sebagai calon Ketua Umum DPP AMPI periode 2022-2027 Dito Ariotedjo mengundurkan diri.

Munas AMPI IX digelar di Kota Bandung, Jawa Barat pada Senin 7 Maret 2022. Acara ini resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang diwakili oleh Menpora Zainudin Amali. Munas juga dihadiri Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil dan Anggota Wantimpres RI, Agung Laksono.

Diketahui, Munas IX AMPI akan memilih Ketua Umum DPP AMPI periode 2022-2027 diikuti oleh 3 orang bakal calon ketua umum. Namun setelah proses penjaringan dan verifikasi Panitia Munas IX, hanya ada 1 calon yang lolos sebagai calon ketua umum yakni, Dito Ariotedjo.

Tetapi, setelah ditetapkan sebagai calon ketua umum, Dito menyatakan tidak melanjutkan pencalonannya. Setelah itu, pimpinan Sidang Munas IX AMPI yang dipimpin Risman Pasigai menawarkan kepada peserta munas siapa yang akan mencalonkan diri sebagai Ketua Umum DPP AMPI. Jerry pun maju sebagai calon tunggal dan langsung ditetapkan secara aklamasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.