Sukses

Demokrat Minta Menteri di Kabinet Jokowi Perlu Diluruskan Tanggung Jawab Pekerjaannya

Syarief Hasan berharap menteri di kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi perlu diluruskan tanggung jawab pekerjaannya.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan berharap menteri di kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi perlu diluruskan tanggung jawab pekerjaannya.

"Menteri-menteri ini perlu dilakukannya justifikasi, saya melihat job desk dari para menteri ini banyak yang harus diluruskan," kata dia dalam diskusi Menakar Kinerja Pemerintah & Kepuasan Publik secara daring, Sabtu (26/2/2022).

Dia pun mencontohkan bagaimana penanganan Covid-19 seharusnya lebih dominan dilakukan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunawan. Namun, justru ini lebih banyak yang memegang peranan adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

"Selama ini kemana, menteri kesehatan kok seakan akan sebagai the second layer, atau bahkan third layer malah, bahkan yang lebih menjadi dominan adalah Menteri Marves," jelas Syarief.

Menurutnya, perlu ada pembenahan dari segala lini di pemerintahan Jokowi. Syarief berharap kepala negara membenahi masalah yang ada.

"Saya lihat di dalam segala hal ini memang perlu ada pembenahan, itu tergantung lagi kepada Presiden sebagai mandataris dari rakyat yang harus melakukan itu," kata Syarief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Litbang Kompas

Litbang Kompas merilis hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma'ruf Amin. Hasilnya, kepuasan publik mencapai 73,9 persen atau meningkat dari 66,4 persen pada Oktober 2021.

Responden yang tidak puas dengan pemerintahan Jokowi menurun dari 33,6 persen pada Oktober 2021 menjadi 26,1 persen pada Januari 2022.

Capaian angka tersebut bahkan tertinggi dibandingkan survei-survei serupa sejak Januari 2015 atau di awal masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Peningkatan kepuasan publik yang meningkat pada empat bidang yakni kesejahteraan sosial, politik dan keamanan, penegakan hukum dan perekonomian.

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.