Sukses

Ini Penyebab Aplikasi PeduliLindungi Hilang dari App Store

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi PeduliLindungi mendadak hilang dari App Store atau sistem iOS pada pengguna iPhone. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Dedy Permadi mengungkap penyebab permasalahan tersebut.

Penyebabnya, kata Dedi, sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store. Sehingga, aplikasi tersebut tidak ditemukan di kolom pencarian App Store.

"Perlu kami informasikan bahwa sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store sehingga PeduliLindungi tidak muncul melalui kolom pencarian," katanya lewat pesan tertulis, Selasa (21/2/2022).

Menurutnya, Kemkominfo bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang berkoordinasi dengan pihak Apple untuk menyelesaikan persoalan teknis ini. Pemerintah tengah mengupayakan PeduliLindungi bisa kembali muncul di App Store.

"Kementerian Kesehatan sedang berkoordinasi dengan pihak Apple US dan tengah mengusahakan agar PeduliLindungi dapat kembali publik melalui proses reupload aplikasi," ujar Dedy.

2 dari 3 halaman

Link Alternatif PeduliLindungi untuk Pengguna iPhone

Sambil menunggu proses reupload, masyarakat pengguna iPhone diberikan link alternatif untuk bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi.

"Para pengguna IOS dapat mengakses link alternatif https://apps.apple.com/us/app/pedulilindungi/id1504600374 untuk langsung terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi di App Store," beber dia.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi yang Belum Banyak Diketahui