Sukses

Jelang Pramusim MotoGP Mandalika, Kapolri Cek Pengamanan dan Protokol Kesehatan

Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan langsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka memastikan kesiapan penyelenggaraan tes pramusim MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan langsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka memastikan kesiapan penyelenggaraan Official Test atau tes pramusim MotoGP.

Adapun pengecekannya berupa dari segi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes), penerapan sistem bubble, hingga pola pengamanan.

"Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung terkait persiapan keamanan yang dilaksanakan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan nanti kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dilaksanakan bulan Maret," kata Listyo dalam keterangannya, Jumat (11/2/2022).

Menurut dia, sejauh ini permasalahan yang sempat muncul telah dapat diselesaikan. Soal penerapan protokol kesehatan sendiri telah diberlakukan mulai dari pintu masuk ke Indonesia.

Kemudian, aturan prokes juga dilakukan di tempat akomodasi hingga lokasi pelaksanaan event itu sendiri, yakni Sirkuit Mandalika. Pemeriksaan dilakukan mulai dari dokumen, test RT-PCR, Test Swab Antigen harian, hingga pengaturan batas-batas area baik untuk peserta, official, dan masyarakat, dipastikan berjalan sebagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Sehingga kemudian ini tidak tercampur dengan panitia daerah atau masyarakat yang mungkin akan membantu melaksanakan kegiatan di Sirkuit. Artinya kita lihat bahwa untuk sistem Bubble dalam rangka menjaga protokol kesehatan semua berjalan baik," jelas Listyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.598 Personel Gabungan

Listyo mengatakan, ada sebanyak 1.598 personel gabungan dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan event internasional itu.

Pihaknya bersama Forkopimda serta Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto akan terus melakukan evaluasi secara berkala.

"Namun demikian secara umum seluruhnya, saya melihat berjalan dengan baik. Dan tentunya ini akan terus dilaksanakan evaluasi oleh Pak Kapolda berkoordinasi dengan Bapak Komandan Lapangan. Sehingga seluruh rangkaian dipastikan bisa berjalan aman dan pengendalian Covid-19, protokol kesehatannya berjalan sesuai yang kita harapkan," Listyo menandaskan.Kapolri Listyo Cek Pengamanan dan Prokes Jelang Pramusim MotoGP Mandalika

Jakarta-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan langsung Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka memastikan kesiapan penyelenggaraan Official Test atau tes pramusim MotoGP. Termasuk dari segi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes), penerapan sistem bubble, hingga pola pengamanan.

"Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung terkait persiapan keamanan yang dilaksanakan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan nanti kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dilaksanakan bulan Maret," tutur Listyo dalam keterangannya, Jumat (11/2/2022).

Menurut Listyo, sejauh ini permasalahan yang sempat muncul telah dapat diselesaikan. Soal penerapan protokol kesehatan sendiri telah diberlakukan mulai dari pintu masuk ke Indonesia.

Kemudian, aturan prokes juga dilakukan di tempat akomodasi hingga lokasi pelaksanaan event itu sendiri, yakni Sirkuit Mandalika. Pemeriksaan dilakukan mulai dari dokumen, test RT-PCR, Test Swab Antigen harian, hingga pengaturan batas-batas area baik untuk peserta, official, dan masyarakat, dipastikan berjalan sebagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Sehingga kemudian ini tidak tercampur dengan panitia daerah atau masyarakat yang mungkin akan membantu melaksanakan kegiatan di Sirkuit. Artinya kita lihat bahwa untuk sistem Bubble dalam rangka menjaga protokol kesehatan semua berjalan baik," jelas dia.

Listyo mengatakan, ada sebanyak 1.598 personel gabungan dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan event internasional itu. Pihaknya bersama Forkopimda serta Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto akan terus melakukan evaluasi secara berkala.

"Namun demikian secara umum seluruhnya, saya melihat berjalan dengan baik. Dan tentunya ini akan terus dilaksanakan evaluasi oleh Pak Kapolda berkoordinasi dengan Bapak Komandan Lapangan. Sehingga seluruh rangkaian dipastikan bisa berjalan aman dan pengendalian Covid-19, protokol kesehatannya berjalan sesuai yang kita harapkan," Listyo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.