Sukses

Gedung Serba Guna di Cisauk Tangerang Disulap Jadi Tempat Isolasi Terpusat

Tempat isolasi terpusat di Gedung Serba Guna Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang mampu menampung sekitar 32 pasien Covid-19 bergejala ringan.

Liputan6.com, Tangerang - Petugas dari Kecamatan dan Puskesmas Cisauk, Kabupaten Tangerang melakukan persiapan pengalihfungsian Gedung Serba Guna (GSG) yang biasa dipakai olahraga, menjadi tempat isolasi terpusat.

Tempat isolasi terkonsentrasi itu disiapkan untuk warga terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.

Sejak Senin (7/2/2022) kemarin, petugas telah membersihkan bagian dalam gedung yang biasanya digunakan untuk bulutangkis tersebut. Terlihat juga petugas mempersiapkan ranjang dan sekat pembatas antara tempat isolasi wanita dan pria.

"Rencananya Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Cisauk, akan kami fungsikan sebagai tempat isolasi terpusat kecamatan," jelas Sekretaris Kecamatan Cisauk, Angga.

Dia menuturkan, pada masa gelombang dua Pandemi Covid-19 Juli-Agustus 2021 lalu, ruang GSG kecamatan juga disiapkan sebagai tempat isolasi terpusat. Beruntung karena kasus Covid-19 dapat dikendalikan, ruang isolasi tersebut urung difungsikan.

"Sebenarnya masa puncak pertengahan tahun kemarin kita sudah siap. Karena urung digunakan, kami bongkar dan saat ini kami persiapkan lagi berdasarkan perintah bapak Bupati (Tangerang)," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Tampung 32 Pasien Covid-19

Angga juga menuturkan, saat ini tahap persiapan ruang GSG sebagai tempat isolasi terpusat itu, sudah 60 persen. Namun begitu, dia memastikan kesiapan lain dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelaksanaan isolasi terpusat bisa berjalan lancar.

"Sudah 60 persen. Karena setelah sarpras (sarana - prasarana) oke. Kita harus penguatan SOP-nya dengan Puskesmas, Dinkes, TNI dan Polri," katanya.

Rencananya, GSG tersebut mampu menampung 32 pasien Covid-19 bergejala ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.