Sukses

Kasus Covid-19 Naik, Satgas: Level PPKM Dievaluasi Setiap Minggu

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pemerintah terus melakukan evaluasi level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di kabupaten/kota.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pemerintah terus melakukan evaluasi level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di kabupaten/kota. Hal ini menyusul lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Level (PPKM) kabupaten/kota akan terus dievaluasi setiap minggunya," kata Wiku kepada Liputan6.com, Jumat (4/2/2022).

Untuk saat ini, kata dia, pemerintah masih memantau perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Wiku menyebut hasil evaluasi terkait level PPKM akan diumumkan pada awal pekan depan.

"Saat ini pemantauan kondisi kasus dan kapasitas respons terus berlangsung. Mohon untuk menunggu hasil evaluasi di awal minggu depan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evaluasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengevaluasi level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hal ini menyusul lonjakan kasus Covid-19 di Indonesoa.

Adapun Luhut merupakan Koordinator PPKM di Jawa-Bali. Sementara itu, Airlangga bertanggung jawab sebagai Koordinator PPKM di luar Jawa-Bali.

"Saya juga telah memerintahkan Menko Marinves selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali dan Menko Perekonomian selaku Koordinator PPKM luar Jawa-Bali untuk segera mengevaluasi level PPKM," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 3 Februari 2022.

Jokowi menyampaikan kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan, dimana bertambah 27.197 per Kamis. Jokowi mengaku lonjakan kasus virus corona ini sudah diperkirakan dan diantisipasi oleh pemerintah.

"Kesiapan-kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibanding tahun-tahun lalu. Baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, sel isolasi maupun tenaga kesehatan dan kondisi rumah sakit hingga saat ini juga masih terkendali," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Wiku Adisasmito