Sukses

Menteri Agama: 10 Tahun ke Depan Indonesia Bisa Kekurangan Penghulu

Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, dalam tempo 10 tahun Indonesia bakal kekurangan banyak penghulu.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, dalam tempo 10 tahun Indonesia bakal kekurangan banyak penghulu. Saat ini saja jumlah penghulu hanya di angka 8.978 orang.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Kerja Bersama Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022).

"Kekurangan penghulu akan terjadi dalam jangka waktu 10 tahun ke depan. Di mana setengah dari jumlah penghulu akan masuk masa purnatugas sebagai PNS atau rata-rata akan pensiun sebanyak 400 orang setiap tahunnya," kata Yaqut.

Dia menyebut angka 8.978 orang penghulu itu masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan 2 juta peristiwa setiap tahunnya yang tersebar di 5.901 KUA di seluruh Indonesia.

"Saat ini Ditjen Bimas Islam berupaya menambah formasi calon penghulu, tapi diperoleh hanya 150 orang setiap tahunnya," jelas Yaqut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Ganggu Pelayanan Publik

Yaqut mengatakan, kondisi ini bakal mengganggu kualitas pelayanan publik, utamanya pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Dia pun meminta dukungan DPR RI untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kondisi ini membutuhkan dukungan dari Komisi VIII untuk bisa membantu merealisasi target kuota penghulu di seluruh Indonesia," ujar Yaqut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.