Sukses

BPBD DKI: 64 RT di Wilayah Jakbar Kebanjiran, 815 Jiwa Mengungsi 

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf menyatakan ada 64 RT tergenang banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta. 

"Informasi genangan saat ini ada 64 RT atau 0,210 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta (Rabu, 19/1/2022)," kata Insaf dalam keterangan tertulis.

Lalu, sebanyak 256 Kepala Keluarga (KK) atau 815 jiwa mengungsi akibat banjir tersebut. Insaf menyatakan ratusan jiwa tersebut mengungsi di 11 lokasi. 

Yakni Rusunawa Binaan Tegal Alur, Musala Al-Hidayah, belakang Bubur Olo Olo, RPTRA Alur Anggrek, Masjid Darurohman, Majlis Taklim Al-Hikmah, RPTRA Kemuning, Majlis Taklim Durrotul Abiddin, Musala Al-Ikhlas, Masjid Nurul Hidayat, Majelis Nurul Husna, dan Musala Al-Hidayah RT 07 RW 10.

Berikut daftar wilayah yang tergenang air di Jakarta:

 

Jakarta Barat terdapat 64 RT terdiri dari:

 

- Kelurahan Tegal Alur

Ketinggian : 40 - 100 cm, dengan jumlah 31 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi, ROB dan Luapan Kali Semongol

 

- Kelurahan Kamal

Ketinggian : 40 - 50 cm, dengan jumlah 12 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi, ROB dan Luapan Kali Semongol

 

- Kelurahan Cengkareng Barat

Ketinggian : 50 cm, dengan jumlah 13 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi

 

- Kelurahan Kapuk

Ketinggian : 50 cm, dengan jumlah 8 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh DSDA, Damkar dan PPSU Kelurahan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," jelas dia. 

 

2 dari 2 halaman

19 Titik Genangan

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan ada 19 genangan di jalanan Ibu Kota. Riza menjamin genangan tersebut akan segera surut. 

"Total ada titik 19 genangan yang ada, kami pastikan segera surut," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022). 

Dia menyatakan dari 19 lokasi genangan tersebut paling banyak berada di wilayah Jakarta Barat yaitu 12 titik. Lalu, Jakarta Timur dan Jakarta Utara ada tiga titik lokasi.