Sukses

Sandiaga: MotoGP Bakal Dongkrak Ekonomi Warga Pemilik Homestay di Mandalika

Sandiaga berencana akan melibatkan peran masyarakat dengan memanfaatkan hunian warga sekitar sebagai homestay atau tempat penginapan di sekitar Mandalika bagi para turis yang datang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memantau kesiapan infrastruktur di wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat, jelang perhelatan MotoGP Indonesia 2022 pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Salah satu yang dipantau yaitu kesiapan lokasi penginapan bagi para wisatawan. 

Sandiaga berencana akan melibatkan peran masyarakat dengan memanfaatkan hunian warga sekitar sebagai homestay atau tempat penginapan di sekitar Mandalika bagi para turis yang datang. Diprediksi, turus yang akan datang saat gelaran MotoGP mencapai 100 ribu orang.  

Sandiaga menjelaskan perlu keseimbangan antara pembangunan infrastruktur dan pengembangan SDM di sekitar lokasi perhelatan MotoGP, hal itu sebagai upaya menyambut dan memberikan pelayanan bagi para wisatawan. 

"Tidak hanya pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga dibarengi dengan pengembangan SDM, di sekitar Mandalika ada 398 hunian. Nanti kita kelola permintaan warga sementara kita tampung dulu. Nantinya, kami akan hadirkan pelatihan SDM di desa ini oleh Poltekpar Lombok,” ucap Sandiaga saat meninjau langsung ke Desa Mong, Rabu, (12/1/2022). 

Menparekraf Sandiaga juga sempat berdialog dan mendengar aspirasi dari masyarakat setempat, agar ada penambahan hunian dan fasilitas lainnya. Ia juga menjelaskan, permintaan itu bila memungkinkan akan segera dihadirkan.

"Akan tetapi untuk yang permintaan tambahan dari warga, ini permintaan Presiden langsung dan diinstruksikan kepada Pak Basuki (Menteri PUPR) dan saya adalah, utamakan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) buat kedepannya,” ujarnya.

Sandiaga melakukan pengecekan homestay di Desa Mong lantaran jumlah ketersediaan akomodasi di Lombok yang hanya 23 ribu, ditambah Sarhunta sekitar 400. Hal tersebut menjadi salah satu isu yang perlu diselesaikan menjelang perhelatan MotoGP.

"Nanti sebagai alternatifnya bisa diarahkan ke homestay, cabin atau glamping, hingga cruise dan juga keterlibatan masyarakat setempat. Kami hadirkan pendampingan, karena bukan hanya membangun fisiknya tapi juga membangun masyarakat dan SDM-nya. Harapannya ini menjadi kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi kita bersama,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Ekonomi Warga

Sandiaga meyakini keterlibatan masyarakat dalam menyambut wisatawan saat ajang MotoGP dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Ini yang namanya memahami kebutuhan masyarakat.  Agar ajang MotoGP ini langsung berdampak bukan hanya kebangkitan ekonomi tapi juga penciptaan lapangan kerja. Sudah banyak, tempat yang terfasilitasi dan dipesan untuk MotoGP,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini