Sukses

Kapolri Minta Masyarakat Tetap Waspada Omicron Meski Sudah Vaksin Covid-19

Kapolri Listyo Sigit mengingatkan adanya petugas PCR Bandara Soekarno Hatta yang tetap terpapar Covid-19 varian omicron meski sudah menjalani vaksinasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan penyebaran Covid-19 varian Omicron meski sudah menerima vaksinasi Covid-19 dosis penuh. Dia pun mengingatkan adanya petugas PCR Bandara Soekarno Hatta yang tetap terpapar meski sudah menjalani vaksinasi.

"Ini menjadi tantangan kita. Apa yang harus kita lakukan, tentunya memperkuat pos-pos titik masuk yaitu di bandara hingga pelabuhan. Ini PR kita juga karena kita dapat informasi bahwa beberapa rekan kita yang menjadi petugas PCR di bandara beberapa orang tertular varian baru Omicron," tutur Listyo Sigit Prabowo di SDN Mangga Dua Selatan 01, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (5/1/2021).

Menurut Listyo, berdasarkan data yang ada bahwa dari 27 pasien RSPI yang terpapar varian Omicron dengan vaksinasi Covid-19 dosis penuh, 26 mengalami gejala ringan dan satu bergejala sedang.

"Ini jadi warning bagi kita. Tolong walaupun sudah divaksin jangan lupa aturan protokol kesehatan karena tingginya risiko kita semua yang setiap hari, setiap saat berada di ruang publik memiliki resiko tertular lebih cepat," kata Listyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Petugas di Bandara Soetta Terpapar Omicron

Dua petugas administrasi PCR di Area Covid-19 Testing Center di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, terkonfirmasi terpapar Covid-19 varian Omicron.

"Iya, itu ada dua petugas awalnya, dari i-Lab dan Farmalab, itu mereka yang biasa di meja administrasi, yang menerima pertama penumpang (kedatangan luar negeri)," tutur Komandan Satuan Tugas (Satgas) Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Sus Agus Listiyono, Senin 3 Januari 2021.

Tidak sampai di sana, ternyata salah seorang petugas Farma Lab, menurut Agus, pulang dan menginap di mes yang disediakan kantor bersama belasan temannya di daerah Kalideres, Jakarata Barat.

"Perkembangannya, karena (karyawan) farmalab yang 1 terpapar namun (tinggal) di 1 mess atau tempat tinggal itu ada antara 15-19 (orang), yang saat ini sudah dinyatakan positif menyebar ke 14 tersebut," ujarnya.

Informasi yang diperoleh, seluruh penghuni mess yang ditempati oleh petugas admin RT-PCR di Bandara Soetta telah dipindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Guna mencegah penularan Covid-19, Satgas Udara telah mengajukan agar seluruh petugas yang kontak langsung dengan penumpang asal luar negeri agar dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Antisipasinya kami sudah mengajukan untuk APD. Yang kedua kita benar-benar untuk menjaga jarak jangan sampai bersentuhan, apalagi kita sudah by system semua. Jadi kita tidak perlu untuk flow itu bersinggungan dengan penumpang," tuturnya.

3 dari 3 halaman

6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.