Sukses

Perhatikan, Ini Langkah-Langkah Registrasi ke Akun LTMPT untuk Sekolah

Untuk melakukan registrasi akun LTMPT, pertama-tama buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pilih menu daftar pada pilihan sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka registrasi akun LTMPT bagi sekolah pada hari ini, Selasa (4/1/2022). Registrasi dan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan dibuka hingga 15 Januari 2022.

Untuk melakukan registrasi akun LTMPT, pertama-tama buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pilih menu daftar pada pilihan sekolah.

Kemudian masukan NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional serta bubuhkan kode registrasi Dapodik. Selanjutnya klik tombol daftar dan akan muncul pemberitahuan aktivasi akun.

Buka kotak masuk surat elektronik yang telah diisikan ke portal LTMPT. Dan lakukan aktivasi dengan mengunjungi tautan yang dikirim melalui email.

Setelah akun aktif, lakukan lakukan login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

Lantas pilih menu verifikasi data sekolah atau siswa di Dashboard portal LTMPT.

Dalam laman verifikasi data sekolah, periksa data sekolah dengan saksama. Jika ada kesalahan data, lakukan pengubahan lewat Dapodik kemudian tekan tombol perbarui data.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Registrasi LTMPT Antara Sekolah dan Siswa Dibedakan

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2022, Mochamad Ashari menerangkan, pembuatan akun LTMPT bagi sekolah hanya ditujukan pada sekolah-sekolah yang belum punya akun LTMPT. Sedangkan untuk sekolah yang sudah mempunyai akun LTMPT, tidak perlu membuat lagi.

"Kalau sekolah silakan membuat akun, kalau (sekolah) masih punya dahulu akunnya, operatornya masih ada, ini masih ada silakan dipakai. Tapi kalau siswa diwajibkan untuk membuat akun baru," kata dia dalam konferensi pers daring, Selasa (4/12/2021).

Tahun ini, registrasi akun LTMPT antara sekolah dan siswa sengaja dibedakan. Pasalnya belajar dan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya ketika registrasi dilakukan secara simultan rawan terjadi kemacetan pada server LTMPT.

Akun LTMPT bagi siswa akan digunakan untuk mendaftar SNMPTN 2022. Tanpa adanya akun LTMPT, maka siswa tak bisa melakukan pendaftaran seleksi tersebut.

Untuk pendaftaran SNMPTN 2022 sendiri dilakukan pada 14 sampai 27 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.