Sukses

Jelang Tahun Baru 2022, Satpol PP Jaga Jalur KBT Jakarta Timur Sejak Sore

Liputan6.com, Jakarta - Jalur Kanal Banjir Timur (KBT) Jakarta Timur menjadi salah satu titik penutupan Crowd Free Night (CFN). Meski pemberlakuan baru dimulai pukul 22.00 WIB, petugas gabungan mulai dari Polri hingga Satpol PP telah bersiaga di lokasi.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (31/12/2021), hingga pukul 19.00 WIB petugas sudah menutup dan mengalihkan arus kendaraan di sebagian jalur KBT mulai dari Cipinang Besar Selatan, Cipinang Indah, Pondok Bambu, hingga Pondok Kelapa.

Jalur KBT menjadi lokasi yang selalu padat kerumunan lantaran banyaknya para pedagang menjajakan beragam hal. Mulai dari pakaian hingga makanan. Demikian juga saat malam pergantian tahun baru ini.

Meski sebagian sudah ditutup, ada sebagian jalur yang belum diberlakukan pengalihan. Seperti yang terjadi di lajur KBT Pondok Bambu, tepatnya Jalan Masjid Baitul Latif.

2 dari 3 halaman

Satpol PP Beri Surat Edaran Penutupan Jalur

Kasatpol PP Kelurahan Pondok Bambu, Arif menyampaikan, pihaknya sudah memberikan surat edaran untuk penutupan jalur tersebut. Hanya saja terjadi kesalahpahaman sehingga pedagang masih menjajakan dagangannya.

"Nanti akan tetap kami tertibkan masuk pukul 22.00 WIB," tutur Arif saat berbincang dengan Liputan6.com di Jalur Banjir Kanal Timur.

Menurut Arif, pemberlakuan penutupan sejak sore hari merupakan arahan lanjutan. Mengingat KBT selalu ramai masyarakat, khususnya di setiap malam pergantian tahun.

"Kami bakal jaga dua hari, besok juga di sini sampai pukul 04.00 WIB pagi," kata Arif.

Tampak di sepanjang jalur KBT yang ditutup, lampu penerangan sudah dimatikan. Posko pengamanan sementara pun dibangun di tiap titik penyekatan.

3 dari 3 halaman

Crowd Free Night Berlaku di 11 Kawasan di Jakarta

Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free night selama malam tahun baru. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo, penutupan dilakukan selama dua hari, 31 Januari 2021 dan 1 Januari 2022.

"Crowd free night kami lakukan selama dua hari, hal ini mengantisipasi kerumunan yang akan terjadi di dua hari tersebut," kata Sambodo saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Kamis (30/12/2021).

Sambodo menjelaskan, teknis pemberlakuan crowd free night dilakukan mulai dari pukul 22.00-04.00 WIB dengan pengerahan total 4.000 personel gabungan. Kemudian bagi pelanggar, tidak ada sanksi tilang dan hanya dilakukan putar balik. Sambodo berharap, aturan ini dapat ditaati bersama, semata memutus mata rantai Covid-19.

"Semua demi pencegahan virus covid, karena varian Omicron sudah beredar melalui transmisi lokal tidak lagi dari luar negeri sehingg kita perketat hal itu," tandas dia.

Berikut 11 kawasan yang akan diberlakukan Crowd Free Night di Jakarta:

1. Jalan Asia Afrika

2. Jalan Gunawarman - Senopati (SCBD)

3. Thamrin - Sudirman

4. Kota Tua

5. Seputar Monas

6. Kemayoran

7. Kemayoran

8. Pantai Indah Kapuk 2

9. Kemang

10. Banjir Kanal Timur

11. Kawasan Danau Sunter