Sukses

Joseph Suryadi Tersangka Penistaan Agama Mengaku Unggah Konten Bermuatan SARA

Zulpan menerangkan, Joseph Suryadi sebelumnya sempat membuat alibi ponsel hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Joseph Suryadi akhirnya mengakui menyebarkan karikatur bermuatan SARA. Hal itu disampaikan saat diinterogasi penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Joseph sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas kasus dugaan penistaan agama

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, unsur-unsur pidana pada Pasal yang dipersangkakan kepada Joseph Suryadi telah dipernuhi.

Joseph dijerat Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan atau Pasal 28 ayat 1 Juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang No 16 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang No 11 tahun 2016 tentang informasi dan elektronik dan atau Pasal 156 KUHP dan atau 156 a KUHP.

"Sudah ditelusuri, sudah terbukti dia yang memposting, dia mengakuinya unggahan di medsos terkait dengan hal penodaan dan penistaan salah satu agama di Indonesia, kemudian barang buktinya juga ada," kata Zulpan kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Zulpan menerangkan, Joseph sebelumnya sempat membuat alibi ponsel hilang. Namun, hasil penyelidikan kepolisian bertolak belakang dengan pengakuan Joseph Suryadi. Zulpan menyebut, ponsel itu ternyata disembunyikan di gudang.

"Barang bukti yang sempat hilang menurut pengakuan tersangka sudah ditemukan penyidik, (ternyata) disimpan di gudang rumahnya," terang dia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Karikatur Penistaan Agama

Sebelumnya, salah satu nomor WA membagikan karikatur yang diduga mengandung unsur penistaan agama.

Pemilik nomor menuliskan kata-kata "Usia Aisah selalu berubah saat dikawini Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA. YG PENTING NG*C*NG NYA.... SAMA SEPERTI USTADZ HW"

Pemilik nomor menuliskan kata-kata "Usia Aisah selalu berubah saat dikawini Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA. YG PENTING NG*C*NG NYA.... SAMA SEPERTI USTADZ HW'"

Adalah akun Twitter @mylovelyb1e yang mengunggah tangkapan layar tersebut. Dia turut mengunggah foto pria berkemeja dan berkacamata. Diduga pria itu sebagai pemilik nomor yang bernama Joseph Suryadi.

Dia menambahkan keterangan Bantu tangkap penghina agama. Ini dong ... Terimakasih sebelumnya atas perhatiannya min #TangkapJosephSuryadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.