Sukses

Ragam Komentar Lugu Anak Usia 6-11 Tahun Usai Dapat Vaksin Covid-19

Liputan6.com memantau langsung jalannya vaksinasi Covid-19 tersebut di SDN Kalibata 11 Jakarta Selatan. Saat berbincang dengan anak-anak usai vaksin, banyak komentar lugu yang terlontar dari mulut mereka.

Liputan6.com, Jakarta Pemberian vaksin Covid-19 kepada anak usia 6-11 tahun dimulai pada hari ini, Selasa (14/12/2021). Liputan6.com memantau langsung jalannya vaksinasi Covid-19 tersebut di SDN Kalibata 11 Jakarta Selatan.

Saat berbincang dengan anak-anak usai vaksin, banyak komentar lugu yang terlontar dari mulut mereka.

Seperti yang dilontarkan Caca Aulia. Siswi kelas 4 ini mengaku tidak takut saat hendak disuntuk vaksin Covid-19. Layaknya orang dewasa, dia meyakini, vaksin dapat membuat sehat.

"Cuma sakit sedikit tapi biar sehat," kata Caca saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi, Kalibata Jakarta Selatan, Selasa (14/12/2021).

Komentar lain lagi dilontarkan oleh Vania, siswi yang juga masih duduk di bangku kelas 4 ini mengaku senang bisa divaksin. Vania mengaku berani menghadapi jarum suntik.

"Tidak takut, harapannya sudah divaksin bisa jalan-jalan lagi," tutur Vania.

Lain lagi dengan, murid laki-laki bernama Gevyn Nhurberthus mengaku hanya ada rasa geli saat disuntik vaksin.

"Tidak sakit cuma geli aja," kaya Gevyn.

Gevyn berharap, usai divaksin dirinya bisa segera mendatangi tempat-tempat hiburan dengan lebih merasa aman.

"Pingin jalan-jalan liburan setelah divaksin," ungkap dia gembira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

58 Juta Dosis

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyiapkan 58 juta dosis vaksin COVID-19 untuk vaksinasi anak 6-11 tahun. Jumlah tersebut mencakup penyuntikan dua dosis yang menyasar 26,7 juta anak usia enam hingga 11 tahun.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, menyampaikan penambahan pasokan vaksin COVID-19 yang menggunakan Sinovac untuk vaksinasi anak 6-11 tahun terus diupayakan. Saat ini, untuk penyuntikan awal (kick off) sudah tersedia 6,4 juta dosis.

"Dari data yang sudah kami rekap, secara nasional bahwa kebutuhan vaksinasi ini untuk anak-anak usia 6-11 tahun kira-kira 26,7 juta anak. Jadi, kalau dua kali vaksinasi (penyuntikan), berarti sekitar 58 juta dosis," terang Dante saat menghadiri kick off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN 03 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (14/12/2021).

Pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun sudah melalui rekomendasi Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait penggunaan vaksin Sinovac.

"Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini, maka anak-anak bisa lebih sehat, bisa lebih terjamin untuk tidak terkena infeksi COVID ketika mereka melakukan proses belajar dan mengajar di sekolah secara langsung," imbuh Dante.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.